Leonardy Minta Masjid di Pantai Padang Dipasangi Batu Grib, Guna Cegah Abrasi

oleh -

Leonardy Minta Masjid di Pantai Padang Dipasangi Batu Grib, Guna Cegah Abrasi

Semangatnews, Padang – Masjid bercat putih di bibir pantai yang tengah dibangun Pemko Padang kini mengalami abrasi. Pondasi pagarnya yang mengarah ke pantai mulai banyak yang rubuh dihantam ombak. Kalau tidak segera dibuat penahan ombak dikhawatirkan masjid akan ambruk.

Persoalan ini membuat Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH prihatin. Leonardy meminta pihak terkait segera melakukan pencegahan dengan batu grip, ground T atau penghalang ombak lainnya sehingga masjid tetap berdiri kokoh.

Menurut mantan Ketua DPRD Sumbar itu, masjid tersebut ke depan akan menjadi ikon baru Kota Padang. Di samping tempat beribadah umat Islam, posisinya yang di tepi laut, apalagi di daerah destinasi wisata Pantai Padang, kehadiran masjid tersebut sangat bagus, khususnya memperindah kota.

“Untuk mengantisipasi abrasi semakin meluas, Pemko Padang sudah menurunkan alat berat, tapi karena ini menyangkut juga dengan Pemprov Sumbar dan Pemerintah Pusat, maka harus sesegera mungkin dipasang batu grib di sana,” tegas Leonardy.

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V, didesak Leonardy untuk segera turun. Sebab, menurut kalkulasinya ini sudah termasuk bencana alam, pihak terkait harus segera menanganinya tanpa harus menunggu-nunggu.

Menurut Leonardy, jika pagar yang belum rampung tersebut tidak terlalu dalam pondasinya, tentu kekuatannya akan makin berkurang seiring kian tergerusnya pasir di sekitar pondasinya. Saat air laut mengalami pasang naik, ombak yang datang tentu akan lebih besar dan makin kuat. Lma-kelamaan tentu keseluruhan pagar bahkan masjid itu bisa ambruk.

Bukan itu saja, beberapa titik perlu juga mendapatkan penanganan, seperti di Tugu Perdamaian Muaro Lasak, sekitar Tugu IORA dekat Danau Cimpago, dan jembatan di belakang Hotel Pangeran Beach. Abrasi sudah pula mendekati pondasi bangunan yang ada di sana.

“Bangunan-bangunan yang ada di pantai Padang harus segera diselamatkan dari abrasi. Jangan sampai runtuh dulu baru dibangun batu grip penghalang ombak,” imbuh pria yang berhasil kembali duduk menjadi Anggota DPD RI dapil Sumbar untuk periode 2019-2024.

Sebagai destinasi wisata andalan Kota Padang, Pantai Padang dan segenap infrastruktur yang ada di sana harus dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga tetap menjadi indah dan wisatawan menjadi betah. Semua pihak diminta Leonardy harus peduli dengan ini. (*)