Lomba di Bodi Unik, Edward DF : Itik Terbang Muncul Hilang Lalu Muncul Lagi dan Hinggap

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Lomba terbang itik di Bodi Kelurahan Padang Alai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh, Sabtu-Minggu (19-20/11/2022) sangat menarik untuk disaksikan.

Sepertinya itik-itik yang terlatih itu ketika lomba melakukan improvisasi. Itik-itik tersebut terbang tidak di jalur dimana bangsa burung itu dilatih yakni jalan raya yang membelah Bodi kelurahan gabungan tersebut. Terutama itik-itik yang berlomba di jarak 1.600 meter.

“Itik-itik yang lomba di jarak 1.600 meter tersebut setelah diterbangkan jokinya sebagian menghilang. Ternyata di antaranya muncul-hilang lalu muncul lagi dan hinggap di Finish. Ketika hilang beberapa ekor itik itu terbang di udara pemukiman penduduk Bodi,” ujar Edward DF Anggota DPRD Kota Payakumbuh yang menyaksikan alek tradisional satu-staunya di dunia itu.

Kepada awak media, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyatakan, dari beberapa arena lomba terbang itik yang ia saksikan di Luak Limopuluah, hanya di Bodi itu yang unik. Kenapa tidak di samping jalurnya/jalan berbelok-belok, itik itu terbang berputar-putar di udara Bodi. “Ini sangat menarik. Mungkin hal itu laku untuk dijual kepada wisatawan mancanegara,” jelas Edward DF.

Kepada YB. Dt. Parmato Alam Ketua Rembon Luak Limopuluah, Edward DF yang juga Ketua Majelis Syariah DPC PPP Kota Payakumbuh akan menyampaikan agar lomba terbang itik di Bodi tersebut dikelola dengan baik. “Kita berharap warisan budaya bukan benda ini memberikan nilai tambah terhadap pemerintah dan masyarakat. Di samping untuk hiburan, hendaknya juga memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat,” ulas Edward DF yang digadang-gadang akan maju menjadi Caleg PPP untuk DPRD Sumbar.

Untuk lomba jarak 1.600 meter di Bodi itu tampil itik Garuda pemilik Asbi sebagai Juara I, Harimau Timur pemilik Haziq (II), dan Koto Kociak pemilik Banilai (III). Dengan demikian Klasemen Sementara diduduki 1. Harimau Timur dengan 27 poin Pemilik Haig, 2. Garuda 24 poin Pemilik Asbi, dan 3. Cahaya Selatan 16 poin Pemilik Adi.

Hadiah untuk juara-juara di Bodi diserahkan YB. Dt. Parmato Alam, Edward DF dan Taswin Dt. Paduko Rajo Lelo pucuak bulek urak tunggang Kenagarian Aia Tobik. (*).

No More Posts Available.

No more pages to load.