Mahyeldi Resmikan Sekretariat IKKA Kota Pekanbaru dan Meletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sekolah

by -

SEMANGATNEWS.COM – Kita merasa berbangga dan bersyukur kepada masyarakat Minang yang ada di perantauan Ikatan Keluarga Kacang Solok yang ada di Kota Pekanbaru dengan semangat luar biasa kompak, solid kompak dalam membentuk sekretariat Ikatan Keluarga Kacang (IKKA) serta membangun gedung sekolah.

Orang yang suka berorganisasi suatu pertanda masyarakat maju, karena masyarakat Minang itu dari zaman dahulu terkenal suka berorganisasi, itulah salah satu penyebab orang minang dikenal luas di lingkungannya.

“Sehingga urusan urusan yang ada di perantauan dalam kegiatan baik pembangunan dapat dikelola secara bersama sama”, Hal ini dikatakan Gubernur Sumbar Mahyeldi saat meresmikan Sekretariat IKKA dan meletakan batu pertama gedung sekolah, di Kecamatan Marpoyan Damai, kota pekanbaru Jum’at (12/11/2021).

Dengan adanya organisasi IKKA ini Mahyeldi berharap urusan bersama pemerintah kota Pekanbaru lebih mudah dalam segi pengurusan legalitas.

“Terutama untuk walikota pekanbaru mejadi suatu kemudahan. Kalau ada yang mau bertemu dengan masyarakat IKKA tidak perlu semuanya ditemui, hanya bisa ditemui sekretariatnya maka bisa bertemu semuanya untuk memudahkan segala bentuk urusan,” harap Mahyeldi.

Selain itu ia juga menyebutkan dengan adanya sekretariat bisa dijadikan tempat berkumpul dalam bermusyawarah walaupun tempat nya kecil. Maka dari kecil itu nanti akan terasa nikmatnya dalam hidup bermasyarakat.

Apa lagi nanti ada sekolah, dan masjid disini akan lebih mudah lagi untuk dijadikan tempat berkumpulnya anak-anak yang Sholeh dan masyarakat dalam bermusyawarah.

“Mudah-mudahan dengan kita resmikan sekretariat IKKA ini dapat menjadi lebih strategis tempat ini untuk kita bersama. InsyaAllah dengan waktu yang tidak lama bisa terbangun sebuah masjid disini milik IKKA di kota pekanbaru ini,” harpanya.

Sementara itu Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi juga mengatakan tanah ini dulunya pada beberapa tahun yang lalu tempat ini masih berlumpur-lumpur disini, daerah Marpoyan Damai ini adalah daerah rawa rawa.

“Jadi berkat perjuangan IKKA memang luar biasa bisa membangun dengan kebersamaan terus membangun area ini. Mudah mudahan nanti bisa dibangun lebih baik lagi dan dapat dipakai dengan maksimal setelah diresmikan sekretariat IKKA ini,” tuturnya.

Ketua IKKA Pekanbaru Daud Julian melaporkan tanah IKKA tempat berdirinya sekretariat IKKA sekarang adalah merupakan tanah wakaf dari perantau asal nagari kacang yang luasnya lebih kurang 1738 meter persegi, dan telah mempunyai Akta Ikrar Wakaf dari KUA Kec. Marpoyan damai pada tahun 2017.

“Pada awalnya tanah tersebut memang kami rencanakan tempat membangun sekretariat dan gedung sekolah Islam lengkap dengan Musolanya, hal ini juga telah menjadi program kerja pengurus IKKA periode 2021-2026,” ungkap Daud.

Turut hadi pada acara itu, Ketua umum pusat kacang pusat diwakili sekjen IKKA pusat Mirza Kanca, Ketua IKKA Pekanbaru Daud Julian beserta ketua keluarga besar IKKA cabang Pekanbaru.

Biro Adpim Setda Prov. Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.