Majukan PKPS Kota Bukittinggi, HUT ke-1 Dengan Barabab Babiola

by -

Majukan PKPS Kota Bukittinggi, HUT ke-1 Dengan Barabab Babiola

SEMANGATNEWS.COM-Masyarakat perantau asal Kabupaten Pesisir Selatan yang tergabung dalam Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Kota Bukittinggi dan sekitarnya akan berhibur semalam suntuk dengan kesenian Rabab Pasisia pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2021.

Kesepakatan untuk memperingati HUT ke-1 PKPS Kota Bukittinggi ini diputuskan dalam rapat dan urun rembuk PKPS Kota Bukittinggi di Kelurahan Kubu Tanjung, Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Senin (11/10/2021) malam.

Rapat perantau Pesisir Selatan ini menjadi istimewa karena dihadiri oleh Ketua Penasehat DPW PKPS Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah. “Karena saya sedang ada kegiatan dinas di Kota Bukittinggi, Alhamdulillah bisa berkumpul dengan dunsanak PKPS,” kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari adalah Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Sebagai nasehat dan arahan, Syafrizal Ucok mengatakan, laksanakanlah kegiatan HUT ke-1 PKPS Kota Bukittinggi dengan meriah, damai dan penuh nilai-nilai silaturahmi. Namun kita masih dalam suasana pandemi, maka PKPS Kota Bukittinggi selalu taat dengan protokol kesehatan.

Pilihan Barabab Babiola ini juga dalam upaya melestarikan kesenian asli asal Pesisir Selatan. Apalagi yang akan ditampilkan adalah pemain Rabab Babiola yang legendaris dan terkenal yaitu Iye Pasisia.

Ketua DPD PKPS Kota Bukittinggi Oktavianus merasa optimis secara HUT ke-1 ini akan berlangsung dengan semarak. Tanda tanda itu sudah nampak. Dalam rapat panitia ini saja sudah ada bantuan langsung tunai dari Ketua Penasehat DPW PKPS Sumbar Syafrizal Ucok sebesar Rp1 juta.

Selain itu kegiatan HUT ke-1 PKPS Kota Bukittinggi juga diisi dengan melewakan gelar “Mamak Pasisia” sebagai yang dituakan secara adat dalam perantau Pesisir Selatan di Kota Wisata ini, yang ditandai nanti dengan penyembelihan seekor sapi.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah konsolidasi organisasi, yaitu pelantikan Pengurus PKPS Kecamatan Banuhampu dan Pengurus PKPS Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. “Kami juga akan mengundang Bapak Walikota, Bapak Bupati Agam dan DPD PKPS terdekat seperti Padang Panjang, Tanah Datar dan Payakumbuh,” kata Ketua PKPS Kota Bukittinggi Oktavianus didampingi Sekretaris Untung Setia Abadi, ST Datuk Rajo Johan.

Selain dukungan penuh dari Ketua Penasehat DPW PKPS Sumbar Syafrizal Ucok, dukungan juga datang dari tokoh-tokoh Pesisir Selatan Dr. Alirman Sori, SH.MH., Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Ardiansyah, Apt., dan Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.