Maksimalkan Mitigasi Bencana Perlu Dukungan Pelaku Usaha

oleh -

Maksimalkan Mitigasi Bencana Perlu Dukungan Pelaku Usaha

SEMANGATNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Solok Selatan (BPBD Solsel) mengharapkan semua perusahaan (pelaku usaha.red) yang ada di kabupaten ini terlibat aktif dalam upaya meminimalisir dampak bencana, termasuk upaya pemulihan ekonomi masyarakat terdampak.

Hal itu disampaikan Kalaksa BPBD Solsel Richi Amran didampingi Kabag Humas Pemkab Firdaus Firman saat konferensi pers bersama awak media yang bertugas di wilayah Solsel, Senin (21/12/2020) di aula kantor bupati setempat.

“Semua jenis potensi bencana alam ada di Solsel kecuali bencana Tsunami. Sehingga, upaya dan sinergi bersama stakeholder terkait sangat dibutuhkan dalam penanganan. Saat ini masyarakat global termasuk Solsel dilanda bencana non alam yaitu pandemi Covid-19, ini termasuk tugas BPBD sebagai sekretariat,” kata Richi.

Baca Juga:  Wabup Terpilih Main Tenis Meja di PTM Gumarang dan PTM Cindua Mato

Menurutnya, pers dalam hal ini juga sangat berperan dalam penyampaian informasi kebencanaan. “Insan pers adalah penggiat dalam penanganan bencana,” lanjutnya.

Pihaknya, berharap kedepannya para pelaku usaha (perusahaan) di Solsel mampu menggali potensi untuk mengoptimalkan ekonomi masyarakat terdampak bencana alam maupun bencana non alam.

“Jika hanya mengandalkan APBD Solsel, Kita tidak sanggup untuk pengurangan resiko bencana. Kami sudah melakukan sinergi terkait pengurangan dampak bencana alam dengan dua perusahaan yang ada di Solsel, yakni Supreme Energy dan PTPN VI. Harapannya, semua pelaku usaha bisa terlibat aktif dalam hal ini,” katanya.