Mandeh Run 2019, Jadikan Kawasan Mandeh Sebagai Destinasi Wisata Sport Tourism Unggulan Sumbar.

by -

Semangatnews, Mandeh, Pesisir Selatan — Perhelatan lomba lari BRI Mandeh Run 2019 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Fakhrizal, Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Andrinof A Chaniago Komut BRI sebagai penggagas dan penyelenggara, Minggu (3/3/2019) di Kawasan Mandeh, sebanyak 2500 pelari siap bersaing untuk menjadi terbaik.

Lomba lari BRI Mandeh Run 2019 ini baru pertama kali diadakan, menurut panitia penyelenggara acara ini mengikuti 2500 peserta dari dalam negeri dan mancanegara, seperti Kenya, Cina, Inggris dan Malaysia untuk memperebutkan total hadiah 455 juta rupiah, yang terbagi dalam tiga kategori 5K, 10K atau 18K.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, bahwa kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi destinasi wisata sport tourism unggulan Sumbar.

“Kawasan Mandeh memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan kawasan wisata lain di Indonesia yang mendapat julukan sebagai ‘The Paradise of the South’ serta ‘Raja Ampat Sumatera’ yang nemiliki hamparan hutan tropis dan juga pemandangan laut yang fenomenal,” ungkap Gubernur Sumbar.

“Sumbar sudah lama dikenal dengan event lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang melintasi seluruh kota dan kabupaten, sekarang yang pertama kali kita mengadakan lomba lari Mandeh BRI Mandeh Run 2019 yang juga diikuti oleh lima negara,” ujar Irwan Prayitno.

“Melalui event BRI Mandeh Run 2019 bisa mengangkat pariwisata Sumbar, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan serta meningkatnya pembangunan, akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat” ujar Irwan dengan optimis.

Gubernur Sumbar berharap, dengan adanya BRI Mandeh Run 2019 ini, akan memotivasi investor untuk berinvestasi di Sumbar yang bertujuan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan berkurangnnya kemiskinan dan pengangguran.

“Kami memberi apresiasi yang tinggi kepada BRI yang telah menyelenggarakan BRI Mandeh Run 2019, juga apresiasi kepada semua fihak yang mendukung dan saya berharap mudah-mudahan acara seperti ini terus berkelanjutan tiap tahunnya,” imbuh Irwan Prayitno.(nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.