Masyarakat Banjar Sergai, Berhasil Mengangkat Popularitas di Dunia Pertanian

oleh -

Masyarakat Banjar Sergai, Berhasil Mengangkat Popularitas di Dunia Pertanian

Semangat News-SERGAI (Sumut)- Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara memiliki masyarakat beragam suku, maka bisa disebut Sergai adalah miniatur Indonesia dari beragam suku. Hal ini terbukti di saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (8/2/2020) kemarin.

Dinas Pertanian Sergai merupakan salah satu Organiasi Perangkat Daerah (OPD) yang diundang panitia HPN secara langsung. Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian Sergai Radianto Panjis, SP, MMA adalah orang yang fasih betul berbahasa Banjar.

Sehingga saat kunjungan ke Banjarmasin, Ia menjadi juru bahasa yang handal karena mahirnya berbahasa Banjar dengan tempo singkat beliau mampu berbaur dengan suku adat Banjar.

Di kesempatan itu Radianto juga sempat tampil menyanyi dan menari di tengah musik tradisional Banjar, bahkan semua dokumen dan adat istiadat Banjar telah ia dapatkan.

“Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sergai berencana dalam waktu dekat akan membentuk Kampung Banjar di Kabupaten Sergai.

Terkait hal ini Kadis Pertanian Radianto akan bekerja sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga Parawisata dan Budaya (Disporaparbud), Sudarno untuk mewujudkannya.

Pada saat peresmian nantinya di rencanakan Gubernur Kalimantan Selatan yang di dampingi beberapa Bupati /Walikota akan hadir di Kabupaten Sergai sebagai kunjungan balasan.

Menurut Kadis Pertanian, Radianto Panjis kepada wartawan, Kamis (13/2) , Banjarmasin adalah banua seribu sungai dimana sungai merupakan sendi kehidupan, dijadikan pekan, alat transportasi, terlebih pariwisata sungai ditata rapi kanan kiri sungai dengan tanaman yang indah luar biasa.Bisakah sungai-sungai di Sergai di tata seperti di Banjarmasin,”ucapnya .

Selanjutnya Disampaikan Radianto, bahwa suku Banjar di Sergai sangat luar biasa dan telah mengharumkan Kabupaten Sergai di Mancaegara dengan produksi beras organik di Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan maka sebagai bentuk terima kasih Kabupaten Sergai akan mengukuhkan kampung Banjar.

“Saya yang satu satunya OPD yang mampu berbahasa Banjar di minta oleh Bapak Bupati untuk membantu pariwisata dalam mewujudkan Kampung Banjar di Sergai nantinya,”ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Radianto, Kampung Banjar di Kabupaten Sergai akan dikukuhkan sebagai bentuk terimakasih Pemerintah karena masyarakat suku banjar telah berhasil mengangkat popularitas di dunia Pertanian melalui produksi beras organik di Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan,”tutup Kadis.(Bambang)