Masyarakat Desa Sungai Pasak, Pariaman Timur Peringati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

by -

Masyarakat Desa Sungai Pasak, Pariaman Timur Peringati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

SEMANGATNEWS.COM- Masyarakat Desa Sungai Pasak Kecamatan Pariaman Timur memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW,minggu,17/10.

Tradisi malamang, badikie, bakayaik,bajamba dan puncaknya Badoncek /Gotong Royong.Itulah kebiasaan selalu dilaksanakan hampir dan mungkin lebih 100 tahun yang lalu. “Intinya adalah bagaimana menstimulan masyarakat untuk kerjasama sosial kemasyarakatan dalam mensyiarkan agama Islam”,ujar Irvan Khairul Ananda (IKA) kepada Semangatnews.com.
Dikatakan,kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat masih terlihat pada 4 dusun (mudiak, ilie, tangah dan tanjuang/kpg tangah ) bersatu membangun kampuang.

Alhamdulillah ini bisa dipertahankan masyarakat karena didukung penuh oleh seluruh ninik mamak 5 suku yang ada (caniago, tanjuang, jambak, piliang dan koto), urang tuo, kapalo mudo, kapalo desa dan kapalo dusun. Tidak ketinggalan seluruh urang sumando baik padusi maupun laki-laki. Tidak kalah pentingnya adalah juga para Pperantaunya di seantero nusantara, sebut IKA

Alhamdulillah…acara puncak ketika asyar sangat semarak yang dihadiri Kepala Desa, Pak Camat Pariaman Timur dan masyarakat sekitar Sungai Pasak (Sei Sirah, Kajai, Bungo Tanjung, Air Santok Cubadak Mentawai, Koto Marapak, Batang Kabuang, dll).
Dari hasil badoncek terkumpul dana sumbangan wakaf untuk kelanjutan pembangunan Mesjid Raya Sungai Pasak sebesar lebih kurang Rp 75 juta,jelas IKA yang mantan Kaban Kesbangpol Sumbar.

Seluruh ninik mamak menyampaikan terima kasih atas sumbangan dan wakaf kaum muslimin dan muslimat ini. Mudah-mudahan Allah Swt memberikan balasan amal pahala yang berlipatganda hendaknya. amien! (ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.