Mendayung Perahu Dandim Cilacap Tinjau Lokasi Terdampak Banjir

by -

Cilacap – Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) bersama Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji meninjau langsung wilayah yang terdampak banjir dengan mendayung perahu di Desa Mujurlor dan Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (28/10).

Adapun agenda dalam kegiatan yaitu melaksanakan peninjauan langsung ke beberapa lokasi diantaranya Posko Bencana (Dapur Lapangan) di Balai Desa Mujur, tempat pengungsian di MI Al Munawar, Dusun Karangsari Desa Gentasari, tempat pengungsian di MI Darwata, Dusun Pecangakan, Desa Mujur Lor.

Selain itu Bupati, Dandim beserta rombongan juga meninjau longsor di Komplek SMP Muhamadiyah Mujur. Dalam setiap kesempatan, disetiap titik yang dikunjungi mereka menyerahan bantuan sembako secara simbolis kepada warga terdampak bencana banjir di tempat tersebut.

Dalam kesempatan itu, Dandim Cilacap Letkol Wahyo menegaskan, TNI-Polri berkewajiban untuk menjadi garda terdepan dalam setiap kejadian bencana alam di wilayah.

” Saya menyimak dan kita tangkap dari warga di lokasi bencana, ada kejadian luar biasa dimana mereka begitu kuat dan bahu-membahu berusaha untuk bangkit dari bencana ini, hal ini tercermin saat mereka begitu antusias menyiapkan makanan untuk dibagikan kepada warga terdampak banjir,” katanya.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua awak media yang telah membantu dalam mempublikasikan kegiatan terkait bencana alam. Namun dirinya memohon pada segenap awak media untuk memberikan informasi pada masyarakat yang faktual dan terbaik.

” Karena ada beberapa berita Hoax yang tidak benar dan kondisi luar biasa di Cilacap agar media mengcounter, klarifikasi berita yang sebenar-benarnya kepada masyarakat. Bahwa kita TNI, Bupati turun ke lapangan untuk melihat dan meninjau bagaimana kesiapan kita dalam menghadapi bencana, ini adalah satu bentuk kepedulian dalam mengatasi kesulitan rakyat,” tegas Dandim.

Sementara itu, Bupati mengatakan dengan adanya bencana Pemkab bersama TNI-Polri dan Dinas terkait tidak mengenal waktu dan ingin melihat secara langsung kondisi para warga di pengungsian.

“Kami mengucapan terima kasih kepada Forkopimda dan Dandim Cilacap yang telah turun tangan langsung ke lokasi untuk membantu warga yang terkena dampak bencana banjir, kami dari Pemkab dan Kodim Cilacap juga turut memberikan bantuan berupa bahan makanan, dan pakaian untuk membantu warga yang terdampak banjir, “katanya.

Lanjutnya, “Saya berharap di tengah pandemi Covid agar warga tetap menjaga jarak sesuai protokoler kesehatan jangan sampai dampak bencana banjir meluas ke bencana Covid 19 dan kita akan siap 24 jam membantu warga yang terdampak banjir,” harap Tatto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj.Tety Rokhatiningsih, S.Sos, Ka Satpol PP Cilacap Drs. Yuliaman Sutrisno, M.Si, Kakesbangpol Cilacap Drs. Sadmoko Danardono, M.Si, Ka BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy, Kasdim 0703/Cilacap beserta perwira Staf, Camat Kroya Luhur Satrio Muchsin, S.Stp, M.Si , Danramil 03 Kroya Kapten Inf Tugirun, Kasat Sabhara Polres Cilacap AKP Tusiran dan unsur Pemdes setempat. *Oke*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.