Mendikbudristek Nadiem Makarim buka POMNAS XVII, Gubernur Sumbar Minta Gairahkan Semangat Olahraga Mahasiswa

by -
POMNAS XVII di Sumatera Barat

SEMANGATNEWS.COM, PADANG – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-XVII Tahun 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (17/11/2022).

Pembukaan POMNAS ke-XVII Tahun 2022 dengan pemukulan Gendang oleh Nadiem bersama dengan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan para rektor.

POMNAS ke-XVII ini  digelar di tiga kampus di Kota Padang mulai dari tanggal 17-26 November 2022 dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga.

Nadiem Makarim mengapresiasi acara POMNAS ke XVII yang dapat menghadirkan lebih dari dua ribu atlet memperebutkan 588 medali.

Mas Menteri Nadiem juga berpesan kepada mahasiswa yang bertanding untuk mempunyai rasa keberanian dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

“Prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali yang adik-adik dapatkan, melainkan adalah melawan rasa takut adik-adik dengan keberanian untuk tampil dipanggung nasional. Serta menerima kekalahan tapi tetap maju untuk berkompetisi itulah yang namanya keberanian,” pesan Nadiem Makarim yang dihadiahi dengan gemuruh tepuk tangan para atlit.

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, mengapresiasi semangat ribuan peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti ajang POMNAS ini, ia juga memuji para penampilan dari seluruh kontingen.

“Semoga dengan adanya POMNAS ini akan menggairahkan semangat berolahraga mahasiswa dan dapat berkontribusi untuk kemajuan di indonesia,” ucap gubernur.

Gubernur juga mengaku berbahagia dengan Sumbar sebagai tuan rumah POMNAS akan melahirkan atlit yang luar biasa dan berkualitas nantinya, dan diharapkan mahasiswa lain di Sumbar turut berprestasi di bidang olahraga.

“Dengan adanya POMNAS di Sumbar dapat mendedikasi siswa-siswi lain yang ada di sumbar untuk berprestasi diseluruh bidang olahraga, dan menjadi kemajuan dibidang olahraga di sumbar,” harap Gubernur.

Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri, mengatakan, POMNAS merupakan ajang tingkat provinsi diadakan seriap dua tahun. Acara POMNAS kali ini berlangsung selama 10 hari yang menghadirkan 14 cabang olahraga.

14 cabang olahraga tersebut antara lain Atletik, Renang, Bulutungkis, Tenis, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Sepaktakraw, Petanque dan Panjat Tebing.

Ia juga melaporkan tercatat total keseluruhan yang berprestasi dalam POMNAS XVII ini terdapat 8.948 orang. Terdiri dari 3.079 atlet, 5.869 ofisial dan pelatih. Serta 455 wasit dari 408 Perguruan Tinggi dari 34 Provinsi.

Ganefri juga berharap acara POMNAS ke-XVII yang bertema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat” ini di harapkannya dapat memupuk kesadaran bangsa dan pancasila, meningkatkan minat dan olahraga mahasiswa meningkatkan kebugaran jasmani, membantu pemerintah dan menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga.

“Kita berharap bisa berkontribusi positif, program ini semoga dapat menyukseskan program Merdeka Belajar, yang digagas Mendikbudristek Nadiem Makarim,” ujarnya. (*).

Diskominfotik Sumbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.