Menjadi Narasumber Pembinaan Karangtaruna, Ini Kata Babinsa Serka Purnomo

by -

SEMANGATNEWS.COM- Sebagai wujud aplikasi pembinaan wilayah, Babinsa Koramil 05 Nusawungu, Kodim 0703 Cilacap, Serka Purnomo menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan organisasi Karang Taruna Desa Nusawangkal, Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, yang diselenggarakan pihak Pemdes Nusawangkal bertempat di pendopo balai desa setempat, Rabu (23/12).

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Kepala Desa Nusawangkal Muhyono, Sekdes Desa Nusawangkal Ahmad Rifai, Babinsa Serka Purnomo selaku Narasumber, Babinkamtibmas Desa Nusawangkal Aiptu Ahmad Fauzin, Ketua Pemuda Karang Taruna Sudarso, Tokoh Masarakat, Tokoh Pemuda dan anggota Karangtaruna yang berjumlah 56 Orang.

Dalam kesempatan itu, Serka Purnomo mengatakan kegiatan pembinaan Karang Taruna dalam hal ini Usia Anak Remaja dalam rangka pemberdayaan masyarakat
kepemudaan di Desa Nusawangkal. Forum ini merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa Nusawangkal serta komunitas sosial sederajat yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

“Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada,” katanya.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Dasar Pedoman Rumah Tangga di mana telah diatur tentang struktur pengurus dan masa jabatan di masing-masing wilayah. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

“Dalam era saat ini, peran Karangtaruna sangat strategis terutama dalam mendukung unsur TNI di desa, dimana Karangtaruna menjadi bagian dari mitra Babinsa, yang menjadi mata telinga dalam memantau perkembangan di wilayahnya. Untuk itu kami sebagai aparat kewilayahan berharap para pemuda berperan aktif dalam mendukung pembanguanan di desa,” tandasnya. *R05oke*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.