Meriahkan HUT RI ke-74, Pemkab Sijunjung Gelar Pawai Alegoris, Budaya dan Pembangunan

oleh -

Meriahkan HUT RI ke-74, Pemkab Sijunjung Gelar Pawai Alegoris, Budaya dan Pembangunan

Semangatnews, Sijunjung – Memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sijunjung akan menggelar pawai alegoris, budaya dan pembangunan.Rencananya, kegiatan pawai tersebut akan digelar, Minggu (18/8) pukul 13.00 WIB.

“Kegiatan pawai akan kita gelar pada hari Minggu (18/8),” kata Ketua Seksi Pawai, Yulizar dalam rapat persiapan di ruang rapat Dinas Dagperinkop dan UKM, Senin (12/8).

Ia mengatakan, pawai alegoris, budaya dan pembangunan akan diikuti pelajar SD, SMP, SMA/MA/SKM, utusan kecamatan, instansi pemerintah, swasta, perbankan, TNI, Polri dan organisasi lainnya.

Sementara rute yang akan ditempuh oleh peserta pawai alegoris, budaya dan pembangunan HUT ke-74 Republik Indonesia ini, yaitu dimulai dari Pasar Inpres Muaro menuju Pulau Berambai, jalan depan PDAM Muaro, gedung Pancasila, depan kantor bupati, simpang logas dan finish di jalan Lansek Manih Pasar Jumat Muaro.

“Peserta pawai alegoris dan budaya finis di lapangan Prof.M.Yamin Muaro, sementara pawai pembangunan finis di jalan Lansek Manih,” kata Yulizar.

Pada acara pawai tersebut, sambung Yulizar, juga akan dilakukan penilaian bagi masing-masing peserta oleh dewan juri yang telah ditunjuk.Panitia juga akan memberikan hadiah bagi para peserta yang menjadi pemenang dalam pawai tersebut.

“Tim juri pawai berasal dari TNI, Polri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Parpora dan Bapppeda,” ucapnya.

Defile anggota Paskira menjadi pembuka kegiatan pawai tersebut.Kemudian dibelakangnya diikuti drumband pilihan, pawai sepeda hias, drumband selingan, pawai alegoris, pawai budaya dan pawai pembangunan.
Pawai budaya nantinya, diikuti utusan kecamatan.

Pawai budaya ini sebagai wadah untuk memperkenalkan budaya masing-masing dan sekaligus ajang promosi keanekaragaman budaya di Kabupaten Sijunjung.

Sementara pawai pembangunan akan menampilkan kendaraan hias dan melibatkan instansi pemerintah.Kendaraan hias yang ditampilkan bertemakan keberhasilan pembangunan yang dicapai Kabupaten Sijunjung.
(azet)