Minuman Manis ? Menyebabkan Meningkatnya Risiko Penyakit Jantung Hingga 42%

by -
Gambar oleh silviarita dari Pixabay

SEMANGATNEWS.COM – Satu porsi atau lebih minuman manis sehari, termasuk minuman ringan berkalori, jus buah dengan tambahan gula, air kemasan manis atau teh dapat secara dramatis meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD).

Hanya satu porsi minuman manis setiap hari meningkatkan kemungkinan CVD sebesar 20 persen.

Minum jus buah dengan tambahan gula setiap hari akan meningkatkan risiko CVD sebesar 42 persen, saran para ahli.

Sebuah penelitian besar yang berlangsung sejak 1995 dari 106.178 guru perempuan California tanpa riwayat CVD dan diabetes meneliti dampak minuman manis pada kesehatan jantung.

Mereka menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi minuman manis setiap hari memiliki risiko 26 persen lebih tinggi untuk membutuhkan revaskularisasi koroner.

Perawatan revaskularisasi melibatkan pemulihan aliran darah ke jantung karena penyumbatan arteri dengan plak kolesterol.

Selain itu, wanita yang minum satu atau lebih minuman manis per hari memiliki 21 persen peningkatan risiko terkena stroke dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah minum minuman manis.

Untuk penelitian ini, para wanita diminta untuk melaporkan makanan sehari-hari mereka menggunakan kuesioner makanan.

Wanita yang lebih muda memiliki asupan minuman manis tertinggi, makan makanan yang kurang sehat, dan lebih cenderung menjadi obesitas dan perokok.

Profesor Cheryl Anderson, penulis utama studi tersebut, mengatakan:

“Meskipun penelitian ini bersifat observasional dan tidak membuktikan sebab dan akibat, kami berhipotesis bahwa gula dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam beberapa cara.

Ini meningkatkan kadar glukosa dan konsentrasi insulin dalam darah, yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan obesitas, faktor risiko utama penyakit kardiovaskular.

Selain itu, terlalu banyak gula dalam darah dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan, resistensi insulin, profil kolesterol tidak sehat dan diabetes tipe 2, kondisi yang sangat terkait dengan perkembangan aterosklerosis, penyempitan lambat arteri yang mendasari sebagian besar penyakit kardiovaskular. .”

Menurut American Heart Association, total asupan gula dari makanan atau minuman untuk wanita harus dibatasi kurang dari 100 kalori setiap hari, yang setara dengan 25 gram atau 6 sendok teh gula.

Untuk pria, asupannya harus kurang dari 150 kalori per hari, yang setara dengan 38 gram atau 9 sendok teh gula.

Banyak orang yang sedang diet akan mencoba mengganti minuman manis dengan minuman diet tetapi minuman diet termasuk soda diet mengandung sucralose, aspartam, sakarin, atau pemanis buatan lainnya yang diketahui lebih berbahaya bagi manusia daripada gula.

Solusi sederhana dan sehat adalah mengganti jenis minuman ini dengan air karena mudah didapat dan tidak mengandung kalori.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of American Heart Association .

*Sumber: www.spring.org.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.