Nagari Di Solsel Berebut Anggaran Swakelola Rp2 Miliar

oleh -
Darmawan Effendi Kabid Bina Marga Dinas PUTRP Solsel

Nagari Di Solsel Berebut Anggaran Swakelola Rp2 Miliar

Semangatnews, Solok Selatan – Walaupun anggaran pembangunan sudah dipangkas untuk kasus virus corona, namun masih ada kegiatan fisik sekitar Rp2 miliar yang kegiatannya dilakukan secara swakelola masyarakat.

Dana tersebut akan diperuntukan bagi nagari, yang kegiatannya untuk peningkatan jalan desa atau pembangunan jalan antar jorong dan antar nagari di Solok Selatan.

Baca Juga : Pemkab Solok Selatan Alokasikan Rp 32 Miliar APBD Kabupaten Tertinggi Untuk BLT 17 Ribu KK Lebih (35% Dari Total KK)

“Hingga kini sudah lebih dari 60 proposal yang masuk dari 39 Nagari yang ada di Solsel, sedangkan anggaran padat karya ini sekitar Rp2 miliar,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTRP Solok Selatan, Darmawan Effendi Selasa (30/6)

Dia mengatakan, bingung berapa jumlah yang akan dikuncurkan di nagari. Proposal yang masuk tersebut setelah ditinjau kelapangan. Semuanya masuk dalam skala prioritas.

Baca Juga : Pemprov Sumbar Akan Anggarkan 200 Miliar, Guna Penanganan Covid 19 dan Dampak Sosialnya.

Namun anggaran swakelola itu minim, sesuai perencanaan sebelumnya setiap nagari akan dikuncurkan sekitar Rp100 juta.

Sekarang jumlah proposal yang masuk melebihi kebutuhan anggaran yang dikuncurkan pusat, tentu saja mendali dilema bagi dinas terkait dalam merealisasikan ke nagari dengan cepat.

“Sesuai rencana di Juli 2020 anggarannya sudah kita salurkan ke nagari,” ujarnya.

Nah saat ini sebut Darmawan, pihaknya tengah mensurvei titik kegiatan yang diajukan dengan kategori sangat prioritas.

Seperti jalan perkampungan level tanah dan becek. Kemudian banyak dilewati penduduk, dan ini akan jadi penentu nagari yang akan mendapatkan anggaran swakelola itu.

Termasuk daerah pelosok, juga salah satu target PUTRP. Untuk pelaksanaan dilapangan melibatkan masyarakat di titik pembangunan itu dan di gaji sesuai standar upah di daerah.