Narul Abit Minta ASN Luangkan Waktu Untuk Hadiri Wirid Bulanan di Masjid Raya Sumbar

oleh -

Narul Abit Minta ASN Luangkan Waktu Untuk Hadiri Wirid Bulanan di Masjid Raya Sumbar

Semangatnews, Padang – Wakil Gubernur H. Nasrul Abit mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat
untuk lebih ikhlas hadir pada wirid bulanan ASN yang dilaksanakan setiap Jumat minggu pertama dan ketiga di Mesjid Raya Sumbar.

“Saya melihat semakin lama ASN pemprov Sumbar semakin berkurang untuk hadir wirid bulanan ini, luangkanlah waktu untuk mendengarkan tausyiah tiap Jumat pagi, baik di masjid kantor gubernur maupun masjid raya yang telah dijadwalkan oleh Biro Bina Mental Sumbar,” ajak Nasrul Abit.

Hal ini disampaikan oleh Wagub Sumbar saat memberi sambutan pada acara Peringatan 1 Muharram 1441 H di Masjid Raya Sumbar dengan tema “Mari kita sama-sama tinggalkan segala kesyirikan dan kemusyrikan, kita istiqomah dalam kekukuhan iman dan taqwa berharap ampunan dan keridhoan Nya”. Jumat (6/9/2019).

“Saya ingin ASN dapat meluangkan waktu satu jam saja, untuk hadir di masjid kita cintai ini. Mendengarkan tausyah, jangan semakin lama, semakin mundur,” ucap NasruL Abit.

Wakil Gubernur Sumbar meminta agar ASN senantiasa memakmurkan masjid dengan berbagai aktivitas keagamaan. Jangan sampai masjid dibangun megah, namun sepi atau tidak ada kegiatan yang bermanfaat.

“Kalau perintah Allah SWT saja tidak dipatuhi, konon lagi perintah atasannya. Kita seharusnya mampu menyisihkan sedikit waktu untuk bekal akhirat nantinya, mari memakmurkan masjid,” ungkapnya.

Menurut Wagub Sumbar, masjid Raya merupakan kebanggaan Sumbar, salah satu icon pariwisata religi yang dikenal dengan masjid “Mahligai Minang”. Banyak orang yang ingin mengunjungi masjid ini untuk beribadah.

“Untuk itu saya meminta pada pimpinan OPD agar menyikapi hal ini, jangan sampai stafnya yang beragama Islam hadir, sekedar ambil absen terus pulang, tidaklah berlebihan jika saya mengingatkan, karena ASN merupakan panutan dari masyarakat,” tegasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah Ustadz Dr. H. Mustafa, Lc., MA, mengatakan tahun baru Islam ini sebagai bentuk hijrah untuk perubahan yang lebih baik.

Termasuk memakmurkan masjid, dalam ceramah ustadz Mustafa. Setidaknya ada empat keutamaan bagi orang yang memakmurkan masjid, pertama ada sakinah atau ketenangan dalam diri dan jiwa, kedua mendapatkan rahmah atau kasih saying dari Allah SWT, ketiga dinaungi oleh masyarakat dan Allah SWT akan selalu menyebut mereka di hadapan para malaikatnya.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.
#nov