Nasrul Abit : Amdal Penting dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah

oleh -

Nasrul Abit : Amdal Penting dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Semangatnews, Padang – Amdal amat penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah mulai dari suatu proses suatu perencanaan yang bertujuan untuk mencegah pencemaran dan kerusakan, yang terjadi di dalam lingkungan tertentu. Dan Dapat membantu dalam mencegah kodflik yang muncul di kelompok masyarakat, terhadap dampak dari kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan atau usaha.

Baca Juga:  Wawako Asrul Berbagi Takjil di Jumat Barokah

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela kesibukannya hari ini, Jum’at (28/2/2028).

Wagub Sumbar juga menyampaikan, Amdal juga akan memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga suatu proses pembangunan yang berjalan sesuai dengan prinsip pembangunan yang telah berkelanjutan. Amdal dapat membantu mewujudkan suatu pemerintahan yang bertanggung jawab, di dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup.

Baca Juga:  Wawako Erwin Yunaz Hadiri Acara Alumni Ikesma Peduli, Salurkan Bantuan 500 Paket Sembako

“Amdal menurut PP no 27 tahun 1999, menyatakan suatu kajian mengenai dampak yang telah ditimbulkan oleh lingkungan. Serta menjadi hal yang penting dalam pengambilan suatu keputusan atau dari kegiatan yang telah direncanakan di lingkungan hidup. Selain itu diperlukan juga proses pengambilan suatu keputusan tentang penyelenggaraan jenis usaha atau kegiatan tersebut, sesuai aturan yang berlaku dan analisis dampak yang ditimbulkan,” ujar Nasrul Abit.

Baca Juga:  Dr. Andani; Pemda Harus Optimalkan Fungsi Satgas Nagari Untuk Tekan Penularan Covid 19

Nasrul Abit juga mengatakan , tujuan amdal ini merupakan suatu penjagaan di dalam rencana suatu usaha atau kegiatan, agar tidak memberi dampak buruk kepada lingkungan. Sehingga dengan dibuatnya suatu analisis maka kerusakan di suatu lingkungan dapat teratasi dengan baik. Itulah pentingnya dibuat amdal oleh undang-undang atau peraturan pemerintah.