Nasrul Abit Berpalangkahan; Sukses MTQN Adalah juga Sukses LPTQ Sumbar

oleh -

Nasrul Abit Berpalangkahan; Sukses MTQN Adalah juga Sukses LPTQ Sumbar
 
SEMANGATNEWS.COM-Keberhasilan Sumbar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-28 adalah sebuah prestasi gemilang duet kepemimpinan Irwan Prayitno- Nasrul Abit. Toresan tinta emas untuk LPTQ Sumbar.

Setidaknya ini sebuah kado terindah bagi mereka berdua diakhir jabatannya sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Bagi Irwan adalah lakek tangan terakhir menoreskan prestasi yang membanggakan. Sedangkan bagi Nasrul Abit langkah awal yang elok untuk menapaki Sumbar yang lebih baik ke depannya.

Nasrul Abit membuat perencanaan, sepertinya mempunyai “palangkahan” yang baik. Selalu berhasil.

Mari kita silau sejenak ke belakang. Tatkala Ia maju di Pesisir Selatan. Tak mau langsung menjadi orang nomor satu, melainkan bergandeng dengan Darizal Basir yang telah sukses periode sebelumnya.

Nasrul Abit masuk ke gelanggang politik pada tahun 2000. Ia menjadi tandem dan berpasangan dengan Darizal Basir dan menang. Duduk sebagai wakil bupati Pesisir Selatan periode 2000-2005 adalah memudahkan langkah berikutnya untuk merebut kursi Bupati.

Ternyata benar. Nasrul Abit yang berpasangan dengan Syafrizal Ucok untuk periode 2005-2010 menang mudah dari calon lainnya.

Ia bahkan sukses untuk periode kedua dengan hanya mengganti wakil. Karena Syafrizal Ucok menyatakan maju sebagai calon Bupati Pessel.
Periode kedua 2010-2015 Nasrul Abit ditemani wakilnya Editiawarman.

Selanjutnya Nasrul Abit, anak Nelayan Air Haji ini, pada pilkada gubernur Sumbar 2015- 2020 diajak maju dan berpasangan dengan Irwan Prayitno yang juga telah berhasil pada periode pertama; 2010-2015.

Inilah palangkahan penuh perhitungan yang dilakukan Nasrul Abit. Ketika maju di Pessel di mulai sebagai wakil. Maju untuk pemimpin Sumbar juga dimulai dari Wakil gubernur.

Peluang untuk maju sebagai calon gubernur terbuka lebar, karena Irwan tidak boleh mencalon dan dicalonkan lagi berdasarkan undang-undang Pilkada. Ia sudah dua periode 2010-2020.

Dipenghujung masa bhakti mereka berdua (IP-NA), masih memberikan yang terbaik untuk Ranah Minang. MTQ Nasional ke 28 tidak hanya sukses pelaksanaan tetapi juga sukses hasil yang membuahkan Sumbar keluar sebagai juara umum. Prestasi dan prestise ini siapa yang berani membantah?
Keberhasilan Sumbar tentu tak bisa dilepaskan dari peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sumbar, yang dipimpin Nasrul Abit.

“Alhamdulillah, perjuangan kita semua berbuah hasil melebihi keinginan. Kita targetkan lima besar, justru dapatnya juara umum, sebutnya Ketua LPTQ Sumbar Nasrul Abit yang sedang cuti Pilkada 2020 . Ia cuti karena ikut Pilkad Sumbar periode 2020- 2025 berpasangan dengan Dr. Indra Catri.