Nasrul Abit Harapkan Pemangku adat di Sumbar, Proaktif Ikut Perang Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

oleh -

Nasrul Abit Harapkan Pemangku adat di Sumbar, Proaktif Ikut Perang Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Semangatnews, Padang – Di Minangkabau niniak mamak orang yang berbudi tinggi dan panutan dalam adat bagi anak kemenakan. Sebagai penghulu, mesti dimaknai  peran penting seorang panghulu dalam kehidupan masyarakat Minangkabau, termasuk keikutsertaannya dalam penanganan virus corona saat ini.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat dalam video confrence dengan tokoh ninik mamak, MUI dan Cerdik Pandai bersama Dinas Kebudayaan Sumbar di ruang rapat wagub Sumbar, Rabu (20/5/2020).

Wagub Sumbar katakan, peran niniak mamak dalam percepatan penanganan wabah Covid-19 bagi anak kemenakannya dilingkungan kaum menjadi kunci agar semua orang dalam meletakan nilai-nilai budaya minang sebagai kearifan lokal berkontribusi memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

” Bagaimana ninik mamak, alim ulama menyuarakan dan bergerakkan bersama melawan covid 19 agar masyarakat kita terbebas dari wabah yang meresahkan di Sumatera Barat,” ujarnya.

Nasrul Abit sampaikan kebijakan yang telah dikeluarkan terkait percepatan penanggulangan Covid-19. Salah satunya ada daerah yang pelit mengirim tes SWAB-nya ke Laboratarium Kesehatan RS Unand Padang, dengan berharap daerahnya bisa dikatakan bersih dari Covid-19 karena telah dilakukan penelusuran kesehatan.

” Kita menyayangkan salah pengertian, ingin pertahankan predikat daerahnya zero positif Covid-19. Sehingga kepala daerahnya enggan mengirim tes SWAB serta melakukan tracking terhadap warganya. Niniak mamak basilengah, anak kamanakan basiarak jo baserak, lain padang lain bilalang, lain nagari lain penanganannya,” ungkap Nasrul Abit Datuak Malintang Panai.

Masyarakat harusnya bisa memeriksakan diri pada rumah sakit, disinilah peran niniak mamak mengajak kaumnya untuk bisa periksakan diri. Padahal, seluruh pembiayaan tes SWAB menjadi tanggung jawab pemprov Sumbar.