Nasrul Abit : Pemprov Sumbar Bantu Masyarakat Dengan Produksi Cairan Hand Sanitizer

oleh -

Nasrul Abit : Pemprov Sumbar Bantu Masyarakat Dengan Produksi Cairan Hand Sanitizer

SemangatNews, Padang – Menjawab kegelisahan  beberapa masyarakat atas kelangkaan cairan pembersih tangan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mulai memproduksi cairan hand sanitizer untuk cairan pembersih tangan berbasis alkohol itu guna mencegah wabah virus corona (Covid-19).

Walau dalam skala kecil, namun produksi hand sainizer pemprov Sumbar , ditargetkan, Senin pekan mendatang hand sanitizer tersebut sudah bisa dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Hari ini, kita sudah beli bahan baku pembuatan hand sanitizer dari PT. Novalindo Jaya yang memang menjual bahan-bahan dan alat kimia. Pembuatan atau peracikan, dilakukan di laboratorium analisis Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X yang meliputi, Sumbar, Jambi, Riau dan, Kepulauan Riau. Ada puluhan liter yang diproduksi,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, saat melalukan monitoring lapangan melihat aktiktifitas masyarakat kondisi mawasdiri antisipasi covid 19, Kamis (19/3/2020)

Untuk proses pembuatan kata Nasrul Abit, tidak butuh waktu lama. Karena baik bahan baku, fasilitas laboratorium dan tenaga ahli yang ada, jauh hari memang sudah siap. Bahkan, saat ini puluhan liter hand sanitizer sudah siap diproduksi. Hanya saja, masih perlu diendapkan satu atau dua hari.  Setelah itu bisa segera kita bagikan ke masyarakat.

“Yang jelas, hand sanitizer ini akan terus kita produksi. Akan kita bagikan gratis kepada masyarakat. Nanti, akan di-packing dalam botol spray ukuran kecil hingga menengah. Yang jelas, kita upayakan agar seluruh masyarakat kebagian. Karena, memang saat ini hand sanitizer cukup sulit untuk ditemukan di pasaran,”ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit menegaskan, untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini, pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus berupaya semaksimal mungkin. Termasuk salah satunya, memproduksi hand sanitizer.