Nasrul Abit : RSJ HB Sa’anin Juga Disiapkan Untuk Tangani Pasien Covid 19

oleh -

Semangatnews, Padang – Rumah Sakit Jiwa HB Sa’anin akan dipersiapkan menerima pasien penyakit kejiwaan yang terpapar Covid-19. Keputusan ini diambil dalam upaya penanganan dan kesiapsiagaan pemerintah provinsi Sumatera Barat dalam antisipasi penanganan penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela kunjungannya  ke RSJ HB Sa’anin untuk melihat kesiapan dalam pelayanan menerima pasien penyakit kejiwaan yang diduga terpapar Covid-19 di Sumatera Barat, Selasa ( 12/5/2020).

Wagub Nasrul Abit juga katakan, melihat perkembangan yang terjadi di Sumatera Barat, kita merasa perlu juga mempersiapan penanganan penyebaran covid 19 bagi pasien sakit jiwa di rumah sakit HB Sa’anin.

” Terkait pelayanan kesehatan bagi pasien RSJ HB Saanin tetap seperti biasa, mudah-mudah tidak terganggu karena sementara untuk pelayan covid ini juga sudah disiapkan gedung dan fasilitas khusus tentunya. Jadi tidak ada masalah dengan pelayanan biasanya, karena dipersiapkan gedung khusus dengan menambahkan fasilitas penunjang lainnya”,ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga sampaikan, bahwa dalam waktu 2 atau 3 hari ke depan, inshallah fasilitas penanganan pasien Covid-19 di RSJ HB Saanin sudah dapat digunakan .

” RSJ HB Saanin akan beroperasi dan dapat memfasilitasi semua pasien dengan baik dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, terutama untuk pasien yang sakit jiwa”, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSJ HB Saanin drg. Ernoviana, M. Kes mengatakan,  bahwa untuk saat sekarang RSJ HB Saanin telah menampung ODP sebanyak 11 orang yang berasal dari beberapa daerah di Sumbar, di antaranya dari Kota Padang, Kabupaten Tanah Datar, dan daerah lainnya dan direncanakan pada siang ini (12/5/2020) terhadap ODP tersebut akan dilaksanakan swab test.