Nasrul Abit: Wisudawan UMSB Harus Kuasai Bahasa Asing

by -

Semangatnews, Padang – Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat gelar upacara wisuda ke 64 periode I Tahun Akademik 2018/2019 di Convention Hall UMSB yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit. Sabtu (22/6/2019).

Hadir pada acara wisuda UMSB yaitu Wali Kota Payakumbuh Reza Pahlevi, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA, Ketua Majelis Diklitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Sutrisno, MA, Kepala LLDIKTI Wilayah X Yandri Anas, SH, MH, Kopertis wilayah Erwin, M.Ag, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumbar Dra. Hj. Meiliarni Rusli, Guru Besar, Dosen dan Civitas Akademika UMSB serta para orang tua wisudawan.

Dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Sumbar memberikan sambutannya, bahwa para wisudawan dapat mempersiapkan diri untuk persaingan dalam era globalisasi ini. Telah banyak alumni yang mengharumkan nama Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), bahkan ada sampai berhasil menjadi kepala daerah.

Wagub Sumbar mengatakan, generasi era milenial saat ini lekat dengan dunia kerja dengan mengedepankan kompetensi tinggi, bahkan pemerintah dan swasta mencari sumber daya manusia yang memiliki inovasi dan kreatif dalam menyikapi perubahan yang terjadi di masa depan.

Oleh karena itu wisudawan dituntut mampu berkompetensi dalam dunia kerja sehingga dapat menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan yang produktif untuk masyarakat banyak.

“Kita berharap para wisudawan UMSB menjadi perhatian bisa menguasai bahasa asing dan penggunaan teknologi informasi, karena pada era globalisasi bahasa asing sebagai alat komunikasi untuk menguasai dunia,” kata Wagub Nasrul Abit.

“Kami yakin sarjana UMSB bisa bersaing di era globalisasi ini dalam berkompetensi di berbagai sektor pembangunan sesuai bakat dan minatnya,” ucapnya.

Selain itu Wagub Nasrul Abit juga menghimbau para wisudawan untuk terus tingkatkan kemampuannya untuk kemajuan bangsa Indonesia khususnya untuk Sumbar.

“Pemerintah Provinsi Sumbar terus mengajak dan mendorong perguruan tinggi negeri maupun swasta di daerah untuk tetap kreatif, inovatif dan konstruktif mendesain pembelajaran, sebagai bahan pembekalan dan kepada mahasiswa,” ajak Nasrul Abit.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumbar komitmen pendidikan sebagai prioritas pembangunan dan berkomitmen penuh memberikan layanan pendidikan yang berkualitas.

Selain itu Rektor UMBS Dr. Riki Saputra, MA menyampaikan, bahwa total wisudawan/ti pada hari ini sebanyak 97 orang periode I Tahun Akademik 2018/2019 dari beberapa program studi yang terdapat di UMSB.

“Saat ini hampir semua program studi di UMSB sudah terakreditasi B, hal ini tentu menjadi kegembiraan bagi Muhammadiyah Sumbar dan juga masyarakat Sumbar,” ungkapnya.

“Apalagi UMSB memiliki pengajar sudah 26 orang yang menyandang gelar Doktor sebagai gelar pendidikan tertinggi di bidang akademik,” jelasnya.

Kepada wisudawan, Rektor UMSB juga berpesan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama ini, ditambah pengalaman agar diterima di masyarakat, berjuang untuk bangsa, negara dan Sumbar di tengah permasalahan pendidikan yang saat ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah.(nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.