Nekat Kirim Ganja Ke Jakarta, Eko Bacin Ditangkap Polisi

oleh -

Semangatnews Payakumbuh – Seorang pria beranak satu di Kelurahan Napar Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, diciduk oleh tim Gagak Hitam Satresnarkoba Polres Payakumbuh Jum’at 21 Februari 2020 . Tidak tanggung-tanggung, dari tangan tersangka yang bernama Eko Adi Putra (27) Tersebut, tim Gagak Hitam mengamankan lebih kurang 6,5 ganja kering yang disimpan di dekat kandang anjing di rumahnya.

Kasatresnarkoba Polres Payakumbuh, Iptu Desneri mengatakan, penangkapan bermula ketika tersangka Eko Alias Bacin nekat mengirimkan narkotika jenis ganja ke salah seorang rekannya di Jakarta melalui salah satu jasa pengiriman barang yang ada di Kota Payakumbuh. Namun, sesampai di Bandara Internasional Minangkabau, petugas bandara mencurigai sebuah ember yang bertuliskan “KAWA DAUN” tujuan Jakarta. Namun setelah paket tersebut dibuka dan di periksa, ember tersebut ternyata berisikan ganja kering seberat lebih kurang 1,5 KG yang ditutupi dengan daun kawa. Sehingga petugas bandara menghubungi Satresnarkoba Polres Padang Pariaman. Dengan komunikasi yang baik, Polres Padang Pariaman langsung menghubungi Tim Gagak Hitam untuk mengejar pelakunya.

“Awalnya ditemukannya sebuah paket yang berasal dari Payakumbuh menuju Jakarta. Namun, sampai di pemeriksaan di BIM, petugas menemukan sebuah ember yang bertuliskan kawa daun. Setelah dilakukan pemeriksaan, benar saja ditemukan ganja kering yang ditutupi dengan daun kawa kering,” Ucap Iptu Desneri.

Setelah melakukan penyelidikkan yang alot, Tim Gagak Hitam berhasil memancing tersangka Eko Bacin dan menangkapnya.

Menurut Eko Bacin, ia mengirimkan barang tersebut dengan cara di masukkan kedalam ember setelah di tunjukkan caranya oleh temannya yang akan menerima paket tersebut.

“Kawan saya yang menunjukkan cara pengiriman seperti itu dan pengiriman ini baru kali pertama saya lakukan,” Ucap Bacin.