Nusantara Merandang, Lestarikan Aset Budaya Sumbar

oleh -

Semangatnews, Jakarta – Randang telah dinobatkan oleh salah satu kantor berita internasional sebagai makanan terlezat di dunia 4 tahun berturut-turut.

Randang (atau sering disebut rendang), adalah kuliner khas Minangkabau yang telah ada berabad-abad yang lalu. Konon, Randang telah ada di Minangkabau sejak abad ke III Masehi. Randang sangat erat kaitannya dengan adat dan budaya Minangkabau, hal ini disampaikan Kabiro Humas Setdaprov Sumbar Jasman Rizal disela-sela kegiatannya, Jum’at (30/11/2018)

Jasman lebih lanjut menyampaikan, randang adalah makanan keadatan. Makanya jenis randang ini sangat banyak dan disesuaikan dengan fungsinya. Randang untuk acara batagak pangulu (datuk) beda dengan randang untuk acara sunatan. Randang untuk manjalang bako, akan berbeda dengan randang pesta perhelatan biasa. Dan masih banyak lagi fungsi randang dalam prosesi adat di Minangkabau.

Jenis randangpun sangat banyak. Dari data sementara, jenis randang di Sumatra Barat ada sekitar 400 jenis. Bisa jadi kalau didata lagi secara serius, jumlah dan jenis randang bisa lebih dari itu. Karena masing-masing nagari, jorong, kaum, suku dan kabupaten serta kota mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Ada randang Solok, ada randang Padang, ada randang Batusangkar, randang Pariaman, randang Pesisir Selatan, randang Bukittinggi dan lain-lain, terangnya.

Jasman Rizal juga menambahkan, tujuan Nusantara Marandang merupakan event yang bertujuan mengangkat nama randang (bukan rendang) ke pentas nasional dan dunia demi mengharumkan nama bangsa.

Melestarikan dan mempatenkan merk Randang sebagai aset dan budaya tak benda Sumatera Barat. Dan Membuat SOP pembuatan Randang yang benar sesuai cita rasa asli masakan Minangkabau. Takaran bumbu, kelapa, jenis daging, cara memasak dan lama waktu memasak serta menjadikan randang sebagai salah satu daya tarik wisata

Puncak acara “Nusantara Marandang” akan diselenggarakan di kawasan lapangan Parkir Senayan, Jakarta, pada tanggal 2 Desember 2018. Direncanakan, acara akan dibuka oleh ibu Wakil Presiden RI selaku Ketua Dekranas Nasional didampingi Mentri Pariwisata, Gubernur Sumbar dan pejabat tinggi terkait lainnya.

Acara Nusantara Marandang juga akan diisi dengan kegiatan Pemecahan Rekor MURI berupa hasil terbanyak kreasi memasak Randang. Mari kita dukung dan sukseskan bersama, ajaknya senang.