Pakar Listrik HDI Dilantik Jadi Anggota MPR.

0

Semangatnews, Jakarta –
Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc, Rabu (13/2) siang resmi dilantik menjadi Anggota MPR-RI Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Kelompok DPD masa bakti 2014-2019. Pelantikan Herman yang dipanggil HDI ini dilakukan oleh Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. HDI menggantikan Jeffrie Geovani dari Daerah Pemilihan Provinsi Sumatera Barat. Sebelumnya HDI telah dilantik menjadi Anggota DPD RI.

Pelantikan HDI dilakukan bersama-sama dengan Badikenita BR Sitepu yang menggantikan Rizal Sirait dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara, di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta. Pelantikan dihadiri Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono dan jajaran Sekretariat Jenderal MPR.

Pada kesempatan itu, Ahmad Basarah menjelaskan tugas-tugas Anggota MPR secara konstitusional. Di luar wewenang yang diberikan konstitusi, MPR juga mendapat amanat dari UU MD3 untuk melaksanakan tugas sosialisasi tentang nilai-nilai luhur kebangsaan, yaitu sosialisasi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, sosialisasi UUD 1945 Sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara yang final dan sosialisasi tentang Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan dan sistem sosial bangsa Indonesia.

MPR juga memiliki badan-badan, yaitu Badan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Badan Pengkajian MPR, Lembaga Pengkajian MPR, dan Badan Penganggaran MPR. “Anggota MPR mempunyai kewajiban untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR di daerah pemilihannya masing-masing,” ujar Basarah yang juga Ketua Badan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Herman Darnel Ibrahim adalah Putra Sumatera Barat, yang lahir 15 April 1954 di Nagari Talang Maua, Kecamatan Guguak, Kab. 50 Kota. Doktor jebolan ITB bidang energi dan ketenagalistrikan ini malang melintang di Perusahaan Listrik Negara dan terakhir menjabat sebagai Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN (Persero) 2003-2008. HDI pun pernah dipercaya menjadi Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) tahun 2009. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.