Pangdam I/BB Cek Kesiapan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Dalam rangka pemeriksaan kesiapan para prajurit Satgas Yonif 131/Braja Sakti untuk dinyatakan siap sebagai satuan tugas operasi pengamanan perbatasan RI- PNG, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin SIP, M.M, langsung turun memeriksa kesiapan Yonif 131/Braja Sakti untuk tugas Pamtas RI-PNG di Wilayah Papua Tahun 2021, Payakumbuh Sumatera Barat, Rabu (6/1/2021).

Pangdam I/BB yang dalam peninjauan didampingi oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada menyampaikan tujuan pemeriksaan Satgas Ops Pamtas RI – PNG, pihaknya ingin mengetahui sampai sejauh mana tingkat persiapan yang telah dilaksanakan dalam latihan pratugas tersebut.

Baca Juga:  Anggaran Kominfo Diupayakan Penambahan pada Perubahan

Seperti kita ketahui bahwa tugas TNI Angkatan Darat semakin kompleks dan dinamis, dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah papua, khususnya daerah perbatasan yang masih rawan, kata Pangdam.

Dimulai dari pelanggaran batas wilayah, permasalahan lintas batas, illegal Logging, Traficking dan permasalahan yang berpotensi ancaman dan timbulnya konflik, sebut Mayjen Hassanudin

Baca Juga:  Gubernur Irwan Prayitno Resmikan Jembatan Kuranji

Pangdam I/BB menilai bahwa masih adanya aksi sekelompok orang yang tidak puas dengan kebijakan pemerintah memanfaatkan situasi yang kurang kondusif dengan melawan dan menggangu roda pemerintahan di Papua sehingga memperkeruh situasi yang ada.

Dengan situasi tersebut, maka Satgas Yonif 131/BRS dalam Ops Pamtas RI -PNG harus mampu dan bisa mengimplikasikan latihan pratugas yang diberikan baik taktik dan teknik bertempur, kemampuan Binter dan Intelijen serta prosedur hukum dalam setiap kegiatan operasi, tegas Pangdam.