Pasca Banjir dan Longsor di Jalur Sumbar Riau, Bupati Siapkan Posko Bencana dan Dapur Umum.

by -

Semangat Limapuluh Kota-Usai tinjau banjir di Pangkalan, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, timbulkan inovasi. Hindari macet di pasar Sarilamak, bupati buka jalur Bukit Limau untuk pengendara menuju harau dan PKU. Sabtu, (30/12).

“Hari ini kita akan siapkan Posko Bencana di halaman kantor Bupati dengan mendirikan tenda didepan mesjid komplek kawasan kantor Bupati 50 Kota dan sekaligus dengan mendirikan dapur umum,” ungkap Bupati.

Disamping itu, dengan banyaknya pengunjung yang akan berwisata ke Lembah Harau, kita harap untuk bersabar. Pengunjung yang terperangkap macet sempat disuguhi keindahan puncak Bukik limau dimana pusat perkantantoran pemerintah 50 Kota, berada.

“Salah seorang pengunjung yang menikmati keindahan ini, Hasan (57) warga kota PKU yang terjebak macet sekitar 1 jam di seputaran perkantantoran ini, menyebutkan, pemandangan di kantor Bupati 50 Kota sangat Indah dan sejuk. Kalo di PKU, kami rasa sangat Panas suhunya,” ucapnya sambil makan usai shalat dzuhur dikawasan Kantor Bupati.

Bupati juga sempat mengunjungi pengguna jalan dan mengapa, mohon hati hati, kalo dapat tunda perjalanan dulu. “Hari masih hujan, walau longsor semalam sudah bisa dilewati namun indensitas hujan yang masih tinggi membuat daerah Sopan, Kecamatan Pangkalan kebanjiran dan macet tak terelakkan.” kata Bupati.

Tak lama berselang, Panit lantas Polres Kabupaten 50 Kota, Syafrizal Leo putuskan menutup kembali sementara arus menuju Harau. Kebijakan ini dibuat untuk mengurangi macet di jalan Harau, yang notabene hanya diberlakukan satu arah.

Disamping itu, Keterangan resmi Kapolres 50 Kota AKBP Haris Hadis, S.Ik. MM. yang masih bertahan di lokasi kejadian, yang diterima via wa grup info bencana Luhak 50, pukul 18.00 WIB menyampaikan Perkembangan terakhir banjir di Pangkalan, menyatakan Air sudah mulai surut, dan Sudah bisa dilalui oleh kendaraan, tapi masih macet, Ini efek banyaknya kendaraan tertahan banjir sebelumnya. Disarankan bagi pengendara menuju Riau untuk sementara bertahan di Lubuk Bangku yang di khawatirkan adanya longsor susulan terjadi lagi, karena cuaca sampai saat ini masih hujan. (Jen/ul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.