Payakumbuh berhasil wujudkan Universal Health Coverage (UHC)

by -

Semangatnews Payakumbuh-Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota, Erwin Yunaz berhasil mewujudkan cakupan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh masyarakatnya. Terhitung mulai tanggal 1 Mei 2018 ±96% dari seluruh masyarakat Kota Payakumbuh sudah memiliki BPJS Kesehatan sebagai Jaminan Kesehatan mereka saat sakit.

“Alhamdulillah, melalui upaya keras kita bersama dalam mewujudkan UHC ini sudah membuahkan hasil dengan sudah terdaftar hampir seluruh masyarakat Kota Payakumbuh sebagai peserta JKN. Hal ini merupakan langkah awal untuk menuju Payakumbuh Sehat. Kedepan tidak ada lagi masyarakat Payakumbuh yang sakit dan tidak ada biaya untuk berobat,” ujar Walikota Payakumbuh Rabu (2/5)

Hal itu disampaikan Walikota Payakumbuh seusai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Universal Health Coverage Kota Payakumbuh antara Pemerintah Kota Payakumbuh dan BPJS kesehatan Cabang Payakumbuh  setelah kegiatan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 02 Mei 2018.

Walikota Walikota Payakumbuh juga menghimbau kepada masyarakat Payakumbuh untuk yang belum menjadi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) agar segera mendaftarkan diri dan keluarga ke BPJS Kesehatan.

“Kedepan, dengan sudah 100% masyarakat Payakumbuh sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan, kita harapkan kesejahteraan masyarakat kita semakin lebih baik lagi. Karena dengan masyarakat sudah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional ini mereka tidak perlu lagi mencemaskan biaya untuk berobat, sehingga masyarakat hidup lebih sehat, produktifitas juga meningkat dan kualitas SDM jadi lebih baik lagi,“ Ujar Riza.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra juga sangat mengapresiasi untuk keberhasilan Kota Payakumbuh mewujudkan Cakupan Universal Health Coverage.

“Ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan Pemerintah Kota Payakumbuh dan instansi terkait dalam mendukung BPJS Kesehatan dalam mensosialisasikan Jaminan Kesehatan Nasional kepada masyarakat Payakumbuh. Dan juga dukungan Fasilitas Kesehatan baik itu masukan-masukan untuk bersama-sama memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk peserta,” ujar Ryan.

Dikatakan, dirinya berharap Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat dapat mendongkrak kesejahteraan hidup yang layak bagi seluruh penduduk Indonesia, keadilan merata untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami juga terus mengembangkan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta. Mudah-mudahan dengan UHC Kota Payakumbuh ini menjadi momentum bagi Kota/Kabupaten lainnya dalam mewujudkan Indonesia Sehat,“ pungkas Ryan.

Pada moment yang berbahagia tersebut juga turut hadir Deputi Direksi Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi BPJS Kesehatan.

Menurut data, dari sebanyak 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, baru 2 (dua) Kabupaten/Kota yang berhasil mewujudkan Jaminan Kesehatan Nasional bagi >95% masyarakatnya, yaitu Kota Padang Panjang dan Kota Payakumbuh. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.