Payakumbuh Kota Hebat Setiap Kelurahan Ada Wifi

by -

SRMANGAT PAYAKUMBUH-“Kemajuan suatu daerah bisa diukur dengan kemajuan daerah tersebut dalam mengakses dan penguasaan informasi”. Slogan ini menjadi salah satu pemicu semangat bagi jajaran Pemko Payakumbuh yang dipimpin oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi,ST.MT dalam pengembangan penyebaran teknology Informasi di Payakumbuh belakangan ini.

Wujud dari semangat tersebut, dengan penuh keseriusan akhirnya pada Juni 2017 ini Pemko Payakumbuh secara maraton berhasil mulai membangun jaringan  internet barbasis radio dan wifi di 48 kelurahan se-Payakumbuh. Pengerjaan pemasangan jaringan ini akan diselesaikan sampai akhir Juli 2017. Dengan dibangunnya jaringan ini, diharapkan seluruh kelurahan akan dapat mengakses secara online informasi dari dunia maya untuk kepentingan peningkatan pengetahuan para aparatur  sampai di tingkat kelurahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Elvi Jaya, ST saat dihubungi terkait dengan hal ini mengkonfirmasi bahwa pemasangan jaringan internet berbasis radio dan Wifi seluruh kelurahan di Payakumbuh ini dilaksanakan sudah sesuai dengan rencana pengembangan IT Kota Payakumbuh yang tertuang pada Dokumen Master Plan E-Goverment Tahun 2015 – 2020.

Sesuai dengan anjuran dari KPK beberapa waktu yang lalu, perencanaan kegiatan yang disusun dalam musrenbang haruslah disusun secara sistematis, transparan dan akuntabel. Dengan adanya jaringan internet sampai tingkat kelurahan maka usulan musrenbang kelurahan sudah bisa di input pada aplikasi e-musrenbang. Jadi secara berjenjang usulan masyarakat dari rapat musrenbang sudah bisa direkam dalam bentuk aplikasi yang transparan, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan sampai ke tingkat Kota, sehingga usulan yang naik ditengah jalan bisa dihindari, pungkas Elvi lebih detil.

Robby Hafanos, MCIO Kasie Infrastruktur dan Teknology Diskominfo Payakumbuh dalam kesempatan yang sama menjelaskan pula bahwa penambahan 48 titik jaringan internet berbasis radio dan Wifi ini selain bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi pemerintahan (e-gov) di tingkat kelurahan, juga nantinya akan bisa pula dimanfaatkan masyarakat sekitarnya untuk akses internet melalui jalur Hotspot Wifi secara gratis.//Jentrael//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.