[PDF] Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda 2021 Tema Penanggulangan Wabah Covid-19 di Masa Pandemi dan Link Download

oleh -
Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda 2021 Tema Penanggulangan Wabah Covid-19 di Masa Pandemi((img: freepik,edit: Semangatnews)

SEMANGATNEWS.COM – Dalam artikel ini terdapat link download PDF dan Contoh teks pidato ‘Sumpah Pemuda 2021’ dengan tema Penanggulangan Wabah Covid-19 di Masa Pandemi.

Pada sertiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP).

Apa itu Sumpah Pemuda?

Pemuda Membangun
Ilustrasi Pemuda Membangun Indonesia(foto:Ist)

Sebelum kemerdekaan, yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta) seperti yang dilansir dari wikipedia.

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan “tanah air Indonesia“, “bangsa Indonesia“, dan “bahasa Indonesia“.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Penciuman karena Covid-19, Pilek, hingga Polip (Anosmia) dengan Cara Tradisional dan Resep Obat di Apotik

Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Pada era kemerdekaan, Sumpah Pemuda adalah suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 33 34 35 36 37 38, Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah: Pembelajaran 5

Jadi, Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing.

Dalam memperingati hari tersebut, selalu mengingatkan kita terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Makin Aman Pakai Masker Canggih, Inilah Topeng Razer Zephyr seharga £ 100 yang Fenomenal dan Futuristik

Baca Juga: Makna dan Tujuan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021

Logo Hari Sumpah Pemuda
Logo Hari Sumpah pemuda

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai eksistensi dan kemajuan Indonesia itu bergantung pada semangat persatuan yang telah diperjuangkan sejak 28 Oktober 1928 lalu.

Pemuda saat ini harus menyadari berbagai tantangan global. Terutama dalam masa pandemi ini, pemuda sebagai pelopor kebaikan dalam memutus mata rantai COVID-19.

Baca juga: [Hari Sumpah Pemuda] 10 Kata Bijak Ir. Soekarno Menginspirasi

No More Posts Available.

No more pages to load.