Pelatihan Merancang Pola Asesmen Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru MIN 3 Jakarta Timur

by -

Pelatihan Merancang Pola Asesmen Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru MIN 3 Jakarta Timur

SEMANGATNEWS.COM,Jakarta – Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan kegiatan pelatihan bagi guru MIN 3 Jakarta Timur mengenai perancangan pola asesmen penguatan profil pelajar pancasila selama 2 hari pada tanggal 7 Februari 2023 secara daring dan 8 Februari 2023 secara luring. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dari Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA dengan MIN 3 Jakarta Timur yang mengangkat materi mengenai penguatan profil pelajar pancasila bagi peserta didik.
Ketua tim pengabdian kepada masyarakat, Drs. Fadiarman,M.Pd mengatakan bahwa perancangan pola asesmen penguatan profil pelajar pancasila ini sangat penting untuk disosialisasikan kepada para guru di SD. Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru untuk membuat asesmen dari projek penguatan profil pancasila yang sedang digaungkan di kurikulum merdeka saat ini.

Narasumber lainnya yaitu Dra. Zulfadewina, M.Pd juga mengungkapkan bahwa pentingnya profil pelajar pancasila ini untuk membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Karakter peserta didik di SD membutuhkan pengarahan dari sosok guru yang ada di sekolahnya maka pelatihan ini sangat cocok untuk para guru di MIN 3 Jakarta Timur.
Narasumber lainnya yaitu Dr. Asep Sanjaya, M.Pd, CH,CHt, CI, CT, NNLP memberikan contoh untuk membuat rancangan penilaian asesmen pada penguatan profil pelajar pancasila dengan excel. Metode dengan contoh sangat membantu para guru dalam memahami materi yang disampaikan hingga para guru memberikan apresiasi kepada materi yang sangat bermanfaat bagi mereka dalam proses merancang asesmen untuk menjadi laporan dari proses pembelajaran peserta didik.
Pelatihan ini diikuti oleh 27 peserta yaitu para guru di MIN 3 Jakarta Timur. Kegiatannya berjalan dengan lancar, peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan seksama dan ikut aktif dalam berdiskusi mengenai pola asesmen untuk penguatan profil pelajar pancasila di sekolah.
Bapak Abdul Aziz mengucapkan terima kasih kepada bapak ketua pelaksana dari UHAMKA beserta dengan tim. Pak Abdul Aziz mengatakan bahwa para guru di MIN 3 Jakarta Timur mendapatkan ilmu yang berkah untuk diterapkan pada proses mengajar di kelas nantinya berkat pelatihan yang diberikan. Besar harapan dari mitra bahwa silaturahmi dapat terus berjalan setelah pelatihan ini selesai untuk mendukung peningkatan kemampuan para guru Sekolah Dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.