PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CAMTASIA BAGI GURU SDN SUKAMANAH 03 KABUPATEN BEKASI

by -

PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CAMTASIA BAGI GURU SDN SUKAMANAH 03 KABUPATEN BEKASI

SEMANGATNEWS.COM-Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka yang terdiri dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar bersama tim pengabdian menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi camtasia bagi guru SDN Sukamanah 03 Kab. Bekasi untuk memahami dan mempraktekkan aplikasi camtasia dengan membuat media pembelajaran yang menarik.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 08 Juli 2023. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Camtasia ini kerjasama dengan Guru SDN Sukamanah 03, Kab. Bekasi dengan cara pelatihan secara langsung.

Ketua tim pengabdian masyarakat Pelatihan Penggunaan Aplikasi Camtasia, adalah Ibu Septi Fitri Meilana, M.Pd.

Diadakannya pelatihan ini bertujuan untuk memahami dalam menggunakan teknologi salah satunya menggunakan aplikasi camtasia. Karena pada kurikulum merdeka yang saat ini managemen sekolah sangat perlunya teknologi. Salah satunya menggunakan teknologi dalam membuat media pembelajaran.

Biasanya, guru membuat media pembelajaran hanya menggunakan papan tulis saja. Pada era ini kita perlu mengenal teknologi yang semakin canggih dalam berbagai aplikasi. Seperti camtasia, canva dan lainnya.

Guru ini merupakan garda terdepan untuk siswa, tanpa guru dunia pendidikan tidak akan maju.
Dan anggota Tim Ibu Dra.Zulfadewina,M.Pd memberikan Materi Mengenai Pembuaatan RPP Kurikulum Merdeka. Setelah itu RPP tersebut di aplikasikan dalam pembelajran salah satu nya mempraktekkan media Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia. Pemaparan materi media pembelajaran menggunakan camtasia dipaparkan oleh Ibu Septi Fitri Meilana,M.Pd .

Pelatihan ini memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi guru SDN Sukamanah 03 Kab. Bekasi karena rekan guru bisa belajar sambil mempraktekkan dalam membuat media pembelajaran yang menarik sehingga siswa belajar menjadi lebih menyenangkan.

Pada era sekarang ini teknologi semakin canggih dan seorang guru perlu memahami teknologi-teknologi tersebut untuk meningkatkan skill dalam menghadapi di era ini. Platform aplikasi-aplikasi seperti camtasia, canva dan lainnya perlu sekali dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran untuk mengajar.
Selain untuk meningkatkan skill terampil guru, siswa juga dapat termotivasi saat belajar.

Peserta pelatihan ini adalah guru SDN Sukamanah 03 Kab. Bekasi dengan jumlah 13 guru. Kegiatan ini di mulai dengan registrasi kemudian dilanjutkan dengan presentasi materi dan dilanjutkan dengan praktek menggunakan aplikasi Camtasia.

Pelatihan ini disambut baik oleh rekan guru SDN Sukamanah 03, Kab. Bekasi. Perwakilan dari rekan guru SDN Sukamanah 03 Kab. Bekasi yaitu Bapak Malik S.Pd mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang diberikan kepada rekan guru sdn sukamanah 03, Kab. Bekasi, karena dapat membuat media pembelajaran untuk siswa menggunakan sebuah teknologi yaitu aplikasi Camtasia.

Dengan terselenggaranya acara ini dapat terselesaikannya sebuah pelatihan penggunaan aplikasi Camtasia bersama guru SDN Sukamanah 03.

“Terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk melakukan pelatihan ini atas waktunya untuk berbagi ilmu cara mengaplikasikan Camtasia.”, ujar Malik S.Pd.

Diselenggarakannya Pelatihan penggunaan aplikasi Camtasia dapat bermanfaat untuk guru-guru SDN sukamanah 03, Kab. Bekasi. Semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung dengan tema-tema yang berbeda.rel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.