Pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh, InsyaAllah Dimulai Awal Tahun 2021

oleh -

Semangatnews Payakumbuh – Rencana pembangunan Mesjid Agung Kota Payakumbuh yang diinisiasi Wali Kota Riza Falepi mendapat tanggapan dari Ketua MUI Kota Payakumbuh dan Kepala Kemenag Kota Payakumbuh.

“Mesjid Agung ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Payakumbuh, kalaulah berdiri dengan megah, tentu nanti yang akan bangga kita semua juga. MUI menanggapi ini dengan sangat positif, dan memang setiap daerah tingkat dua harus punya sebuah mesjid paripurna yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan keagamaan,” kata Ketua MUI Kota Payakumbuh, Buya H. Mismardi, BA saat diwawancara, Senin (14/9).

Dirinya menyebut akan ada sarana penunjang lembaga keagamaan seperti Kantor MUI, Kantor BAZNAS, PHBI, dewan mesjid, dan lainnya. Disamping itu, Buya Mismardi mengharapkan kalau pembangunan mesjid sudah siap, nantinya warga bisa memanfaatkan secara maksimal.

“Jangan menganggap mesjid ini bukan kita yang punya, kita harus ikut merasa memiliki mesjid ini. Kita sudah sama-sama merasakan sulitnya bila menggelar acara keagamaan berskala besar, pasti di lapangan atau di tengah jalan. Padahal idealnya tabligh akbar itu di mesjid,” ungkapnya.

“Di lapangan orang bisa kampanye, di mesjid tidak. Di lapangan bisa pacu kuda, di mesjid tentu tidak, karena mesjid untuk kegiatan bernuansa agama. MUI berharap tidak ada orang-orang memprovokasi warga untuk tidak merasa memiliki mesjid agung. Pemerintah membuat mesjid bukan untuk pemerintah, namun untuk umat,” tukuk Buya Mismardi menambahkan.

Diakhir wawancara, Ketua Baznas Kota Payakumbuh itu juga menyebut keuntungan mesjid yang dibangun dengan APBD adalah penganggaran untuk pemeliharaannya jelas.

“Perhatian kita untuk tahun 2022 nanti jangan sampai bertukar kepala daerah, bertukar pula kebijakan sehingga mesjid jadi tak terurus. Kepala daerah terpilih harus memiliki komitmen untuk memelihara dan melestarikan mesjid milik masyarakat ini Payakumbuh ini,” tandasnya.