Pemenang Lomba Bercerita Anak Tingkat SD/MI Se Kota Padang, Majukan Literasi Generasi

oleh -

Pemenang Lomba Bercerita Anak Tingkat SD/MI Se Kota Padang, Majukan Literasi Generasi

Semangatnews, Padang – Untuk meningkatkan motivasi, kecintaan dan kegemaran membaca pada masyarakat, khususnya peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Padang. Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang menggelar lomba bercerita anak.

Lomba yang dilangsungkan selama dua hari, mulai 10 sd 11 Maret 2020 bertempat di Kyriad Hotel Bumi Minang dibuka langsung oleh Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Azwin, Senin (10/3/2020).

Dalam sambutannya, Azwin mengatakan, sebagai bangsa yang ingin maju dan sukses harus meyakini bahwa jalan yang terbaik adalah dengan menuntut ilmu. “Jika ingin menjadi bangsa yang maju, salah satuanya dengan ilmu. Dan hal itu hanya bisa didapat melalui budaya gemar membaca,” jelasnya.

Untuk membudayakan gemar membaca perlu ditanamkan sejak dini dan dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya mengajak kepada semua pihak dan stake holder terkait lainnya, mari sama-sama memberikan pengawasan dan dorongan kepada generasi muda untuk gemar membaca sehingga generasi muda Kota Padang akan tumbuh menjadi generasi cerdas, berilmu, yang akan membawa kemajuan bangsa Indonesia,” ulasnya.

Selanjutnya, Azwin juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya perlombaan ini. Ia berharap, lomba ini mampu menumbuhkembangkan kegemaran membaca peserta melalui berbagai bacaan serta mampu menarik minat anak-anak tentang buku cerita dan budaya lokal, disamping menumbuhkan cinta tanah air dan budaya nusantara.

“Selamat kami ucapakan kepada pemenang nantinya. Semoga prestasi yang sangat membanggakan tersebut dapat ditingkatkan lagi,” harapnya.