Pemerintah Minta Kepala Desa Aktif Siapkan Dokumen Kependudukan

oleh -
Pemerintah Minta Kepala Desa Aktif Siapkan Dokumen Kependudukan

SEMANGAT TALAUD – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri  Zudan Arif Fakrulloh  untuk pertama kali mengunjungi   Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.  Kunjungannya dalam rangka pencanganan ‘Kampung Percontohan Tertib Administrasi Kependudukan dan  Pencatatan Sipil’ di Desa Musi Satu, Kecamatan Kalongan, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam sambutannya, dia meminta agar kepala desa berperan aktif menyiapkan dokumen kependudukan untuk masyarakat mulai dari kelahiran, perkawaninan hingga kematian.

Baca Juga:  Begini Aturan Lengkap PPKM Mikro di Kota Padang, Berlaku 8-20 Juli 2021

“Prinsipnya kalau ada yang lahir di desa tersebut kepala harus berperan aktif membantu masyarakat untuk dibuatkan akta kelahiranya. Kalau ada yang meninggal dibuatkan akta kematiannya, yang menikah dibuatkan akta perkawinannya, yang belum ada KTP dibuatkan KTPnya, belum ada Kartu Keluarga dibuatkan KK  dan dokumen-dokumen kependudukan yang lainnya,” kata Fakrulloh, Senin (15/5/2017).

Fakrulloh meminta agar desa lain di Kepulauan Talaud mencontoh Desa Musi Satu karena tertib administrasi kependudukan. Pemerintah pusat, kata Fakrulloh tekagh mempermudah pelayanan administrasi kependudukan sesuai dengan program Presiden Joko Widodod yang menjadikan pelayanan lebih efisien.

Baca Juga:  Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan Tunda eksekusi Terhadap Bupati Rusma Yul Anwar

“Program bapak Presiden Joko Widodo yaitu telah memotong jalur birokrasi yang panjang contoh mau mengurus E- KTP kalau ada Kartu Keluarga tidak perlu lagi surat pengantar dari desa . Kalau membuat akta kematian bila sudah ada surat keterangan kematian dari rumah sakit, akta kematianya sudah bisa dibuat,” tegasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.