Pemkab Pesisir Selatan Siapkan 53 Tahapan Pelaksanaan Proses Pilwana Serentak

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mempersiapkan 53 (lima puluh tiga) tahapan untuk pelaksanaan proses Pemilihan Wali Nagari serentak 2021. Pilwana digelar dalam tiga bulan berjalan, Februari hingga April 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (PMDP2-KB) Pesisir Selatan, Wendi mengatakan, selain jadwal hari pencoblosan, sebanyak 53 tahapan itu termasuk dalam pembentukan tim panitia Pilwana

Baca Juga:  Kuburan Meninggi Sendirinya di Sungai Asam, Padang Pariaman; Keramatkah?

” Ya, jadi seluruhnya ada 53 tahapan itu, mulai dari 5 Februari ini dan sampai pada penetapan dan pengesahan calon terpilih dan pelantikan pada 30 April,” ungkapnya, Kamis, (4/2).

Ia menjelaskan, dalam penyusunan dan pelaksanaan Pilwana 2021 ini ada sejumlah mekanisme berbeda. Perbedaan itu, mulai dari keterlibatan Satgas Covid-19 dalam tim Pilwana serta aturan lainnya yang harus menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Terjadi Lonjakan Kasus Positif Covid-19

” Hal itu mengacu pada Permendagri terkait Pilkades atau Pilwana di tengah pandemi sesuai Permendagri Nomor 72 Tahun 2020,” terang Wendi.

Menurutnya, sejauh ini belum ada kendala dan pihaknya memastikan 5 Februari tahapan Pilwana akan dimulai dan tim kabupaten segera dibentuk.

Diketahui, pada 2021 ini sebanyak 31 nagari di Pesisir Selatan bakal menggelar Pilwana serentak. Sesuai rencana Pemkab menjadwalkan pemilihan pada April 2021 mendatang.

Baca Juga:  Mahyeldi: Potensi Petanian dan Kemaritiman Sumbar Sangat Luar Biasa

” Soal 5 Februari tahapan kita sudah mulai. Jadi semua dari sekarang sudah bisa dikatakan siap,” tutupnya.