Pemkab Sergai Kolaborasi Dengan BNPP Mantapkan Lokpri Desa Bagan Kuala.

by -

Pemkab Sergai Kolaborasi Dengan BNPP Mantapkan Lokpri Desa Bagan Kuala.

Semangatnews, SERGAI (Sumut) – Melihat potensi Pulau Berhala yang berada di jalur laut Selat Malaka wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia ,yang masuk teritorial kabupaten Serdang Bedagai dalam hal ini.

Pemkab Sergai mantapkan Kolaborasi Dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Melakukan Peninjauan Lokasi Program Prioritas (Lokpri) di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Sergai Kamis,( 30/1/2020)

Dalam tinjauannya Bupati Sergai Ir H Soekirman Mengatakan, Potensi Pulau Berhala bisa lebih dimaksimalkan dengan adanya Perarutan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) No. 12 tahun 2006 Tentang Pengelolaan Pulau Berhala sebagai Kawasan Eco Marine Tourism atau Wisata Bahari berwawasan lingkungan, karena selain memiliki prospek pariwisata, Pulau Berhala juga punya potensi perikanan, dan pariwisata konservasi serta keanekaragaman hayati yang tinggi,”, ujarnya.

Selanjutnya kata Bupati, Peninjauan lapangan ini merupakan proses lanjutan dari Rapat Koordinasi Identifikasi Usulan Program atau Kegiatan Berbasis Lokpri yang sebelumnya digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek perkantoran Bupati, Rabu (29/1)

Bupati juga Berharap, Kita sama-sama melihat bagaimana kondisi Pelabuhan Tanjung Beringin.

“Dengan kehadiran Bapak Asisten Deputi Infrastruktur BNPP di tempat ini semoga nantinya dapat dilakukan evaluasi dan peningkatan ke arah yang lebih baik, misalnya saja dengan membuat sistem kanalisasi agar pasir tidak lagi masuk dan kapal dapat bersandar di pelabuhan ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kedepannya akan diadakan juga Program Bela Negara di Pulau Berhala yang melibatkan banyak pihak, termasuk pelajar dan kelompok masyarakat.

“Kami ingin menanamkan jiwa cinta tanah air dengan Program Bela Negara. Program ini akan melibatkan pelajar, pramuka, paskibra, dan OKP untuk kegiatan Bela Negara. Nantinya setiap selesai pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat Bela Negara sebagai bukti partisipasi. Itu yang kita harapkan kedepannya,” tandasnya.

Sementara ,Wabub H. Darma Wijaya menyebut kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam untuk tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kita berharap dapat lebih mengoptimalkan potensi perikanan, parawisata dan sumber daya alam lainnya yang terdapat di Pulau Berhala sehingga dapat mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Dalam hal ini Asisten Deputi Infrastruktur Fisik BNPP RI Drs. Faebuadodo Hia, M.Si menjelaskan,
ini merupakan agenda awal untuk menghimpun data penyusunan usul rencana induk pembangunan kawasan perbatasan dan merupakan tugas pokok BNPP dan nantinya data yang kami peroleh dalam kunjungan akan kami kelola untuk kemudian diusulkan ke Kementerian, Setelah itu kami akan berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk merealisasikan rencana Bapak Bupati yang ingin melaksanakan Pelatihan Bela Negara di Pulau Berhala.

Selain itu, kehadiran BNPP ke Kabupaten Sergai terkhusus ke Kecamatan Tanjung Beringin adalah untuk melihat secara nyata data dan fakta apa yang dibutuhkan oleh daerah yang menjadi prioritas pembanguan kawasan perbatasan.

“Kabupaten Sergai punya potensi dan kita berharap itu bisa digarap secara maksimal lewat proses,” tutupnya.

Kunjungan Bupati dan wakil bupati Turut di dampingi Dandim 0204/DS Letnan Kolonel (Kav.) Syamsul Arifin, SE, MTr (Han), Sekdakab Sergai H M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Asisten, jajaran kepala OPD, Camat Tanjung Beringin Safruddin, SE, MAP serta Kades Bagan Kuala Safri.(Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.