Pemko Padang Amankan Monumen Merpati Perdamaian Dari Bahaya Abrasi.

by -

Semangatnews, Padang – Pemko Padang langsung bertindak sigap atas terjadinya abrasi pantai yang menggerus pinggir pembatas di area Taman Monumen Merpati Perdamaian, Muaro Lasak, Pantai Padang. Akibat terjangan ombak yang cukup besar dari Minggu (16/6/2019) dini hari kemarin, pondasi tugu tersebut mengalami rusak parah.

Senin pagi (17/6/2019), terlihat petugas BPBD Kota Padang bersama Dinas PUPR, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta dibantu unsur kecamatan dan kelurahan setempat melakukan beberapa langkah perbaikan penyelamatan dan pengamanan monumen sementara.

“Saat ini kita berkoordinasi dengan Dinas PUPR melakukan pengisian pasir ke dalam karung untuk menahan ombak sementara. Tujuannya untuk menahan arus ombak, agar Dinas PUPR tidak terganggu ketika membangun pondasi yang sempat rusak,” sebut Kepala BPBD Kota Padang melalui Kepala Seksi Kedaruratan Sutan Hendra saat itu kepada wartawan.

Untuk kondisi sekitar pondasi area Monumen Merpati Perdamaian katanya, saat ini pondasinya sudah rusak tergerus ombak lebih kurang lebarnya 40 meter.

“Kalau dibiarkan bisa membahayakan bangunan di area taman dan pengunjung yang berkunjung ke sini. Untuk pembangunan jangka panjangnya sedang kita bahas bersama Dinas PUPR, insya Allah dalam waktu dekat sudah kita buat perencanaannya,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan, selain di kawasan pinggir Pantai Muaro Lasak pihaknya belum mendapati laporan masyarakat terkait adanya lokasi lainnya terdampak hal yang sama.

Terpisah, tak lama setelah itu Camat Padang Barat Eri Sendjaya juga meninjau ke lokasi area Taman Monumen Merpati Perdamaian Muaro Lasak. Dalam kesempatan itu terlihat Danlantamal II Padang beserta jajaran

Sementara itu Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menyampaikan dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi (rakor) terkait penanganan beberapa titik lokasi yang terdampak kerusakan akibat abrasi pantai khususnya di kawasan Monumen Merpati Perdamaian.

“Seterusnya kita juga akan melakukan pendataan kerusakan dan tindak lanjut untuk pemeliharaan lokasi. Kita tentu berterima kasih kepada Pemko Padang melalui OPD terkait, atas langkah cepat yang dilakukan seperti memasang penahan ombak di sekitar pembatas monumen,” imbuh Danlantamal II Padang.

Seperti diketahui, Monumen Merpati Perdamaian adalah sebuah monumen yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 April 2016 berada di Taman Muaro Lasak Kota Padang. Peresmian monumen ini merupakan bagian dari latihan maritim berbagai negara yang digagas TNI Angkatan Laut yang lebih populer disebut Multilateral Naval Exercise Komodo 2016. Monumen Merpati Perdamaian ini menjulang setinggi delapan meter. Dengan keindahan dan keunikan monumen tersebut, setelah diresmikan lokasi dimana monumen itu berdiri menjadi ramai dikunjungi masyarakat dan pengunjung sehingga menjadi destinasi wisata baru.(David/Mul/Ady/LL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.