Pemko Payakumbuh bersama Lapas Kelas II B, Lakukan Saber Masjid dan Sarana Ibadah.

0

Semangatnews, Payakumbuh – Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Kesra Setdako Payakumbuh bekerjasama dengan Lapas Kelas II B Kota Payakumbuh laksanakan kegiatan yang bertemakan Bhakti Merah Putih Narapidana Sapu Bersih (Saber) Masjid Dan Sarana Ibadah di Kota Payakumbuh.

Saber Mesjid ini dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke–55 Tahun 2019, yang dilaksanakan di Mesjid Al-Ihsan Koto Panjang, Kelurahan Koto Panjang Dalam, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Rabu (27/03/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk bisa terciptanya lingkungan masjid dan sarana ibadah yang bersih dan dapat mewujudkan hasil karya narapidana yang bermanfaat bagi masyarakat umum sebagai bentuk “permohonan maaf” atas kekhilafan yang dilakukan dan telah mencederai masyarakat serta memupuk sikap gotong royong dan rasa kebersamaan diantara 3 elemen penunjang pelaksanaan pemasyarakatan, yaitu para narapidana, masyarakat dan petugas pemasyarakatan serta menanamkan nilai-nilai kemanusiaan, rasa memiliki, dan rasa cinta terhadap sesama.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri mengatakan, Pemerintah Kota Payakumbuh menyambut baik program yang dicanangkan oleh Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia melalui Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan langsung oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Payakumbuh ini, yang mana, beriringan dengan visi-misi Walikota Payakumbuh yang ingin meramaikan mesjid.

“Kami sangat senang dengan program ini. ditambah lagi beriringan dengan program Walikota yang ingin meramaikan mesjid. Jika ada kegiatan membangun dan membersihkan mesjid, ini jelas akan memikat para jemaah untuk datang ke mesjid,” ucap Ul Fakhri.

Kabag Kesra Ul Fakhri juga menyatakan kesiapan Pemko Payakumbuh dalam membantu dan memfasilitasi Lapas Kelas II B Kota Payakumbuh untuk rutin melakukan kegiatan Bhakti Sosial ini disejumlah Masjid di Kota Payakumbuh,” ungkap Ulfakhri.

Kepala Lapas Kelas II B Payakumbuh, Era Wiharto menyampaikan, Bakti Untuk Negeri Merah Putih Narapidana ini akan dijalankan setiap hari Kamis di tahun 2019 ini yang memfokuskan berbagai kegiatan di rumah ibadah. Narapidana yang dikerahkan dalam program ini bagi mereka yang akan bebas sekitar 2 sampai 3 bulan mendatang.

“Ini kegiatan bakti sosial yang mengatasnamakan para Narapidana. Disini moment mereka untuk berbakti kepada masyarakat dan agama. Namun yang kami kerahkan adalah napi yang akan bebas 2 atau 3 bulan lagi,” kata Era Wiharto.

Ia juga mengatakan kegiatan bakti ini tidak akan terfokus pada satu tempat. Tetapi setiap hari Kamis kegiatan serupa dilakukan ditempat lain. Rencananya, hal serupa juga akan dilakukan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saat ini ada sekitar 60 orang narapidana yang siap untuk diterjunkan ke masyarakat dalam rangka bakti sosial ini dan tidak hanya berada di Kota Payakumbuh saja. Namun kami sedang mengupayakan di Kabupaten Limapuluh Kota juga bisa dilaksanakan hal seperti ini. Tetapi, perlu izin dari Pemerintah setempat,” ucapnya.(jn)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.