Pemko Payakumbuh Cek Kesehatan Hewan Kurban

by -

SEMANGAT PAYAKUMBUH-Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas pertanian Kota Payakumbuh bakal melaksanakan pemeriksaan hewan qurban tiga hari sebelum waktu penyemblihan. Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh melalui Kabid Peternakan, Usfa Hariyanti mengatakan bahwa pemeriksaan hewan qurban dilaksanakan dengan membagi petugas pelaksana per kecamatan di Kota Payakumbuh.

“Kita membagi petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan qurban di setiap kecamatan agar mudah memeriksa hewan tersebut nantinya ke setiap kelurahan,” Ucap Usfa Haryanti, Senin 21 Agustus 2017.

Usfa Haryanti menambahkan, hewan qurban yang akan disembelih di kota Payakumbuh merupakan hewan yang didatangkan dari beberapa wilayah di sumatera Barat. Diantaranya dari Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Pesisir Selatan. Untuk hewan yang akan disembelih, dinas Pertanian bersama MUI Kota Payakumbuh telah mengeluarkan himbauan bahwa hewan yang akan disemblih agar hewan jantan.

“Pemerintah Kota Payakumbuh telah mengeluarkan surat Himbauan agar panitia penyembelihan hewan qurban agar menyembelih hewan jantan. Karna kita harus memerhatikan kelangsungan hidup sapi kedepannya jika yang disemblih nantinya sapi betina yang produktif,” Ucap Usfa Haryanti.

Kepala UPTD Kesehatan hewan Kota Payakumbuh, Drh. Trisna Yesi mengatakan, hingga saat ini, hewan di kota Payakumbuh yang telah diperiksa sementara belum ada terjangkit penyakit hewan yang dapat menular ke manusia seperti penyakit antraks,jembrana atau penyakit yang menular lainnya.

“Kami menghimbau kepada seluruh panitia agar menempatkan hewan qurban di wilayah Payakumbuh agar memudahkan petugas melakukan pemeriksaan. Jika masih d luar kota, dapat menyulitkan petugas dan bisa jadi luput dari pemeriksaan kesehatan hewan,” lanjut Drh Trisna Yesi.(Jentrael)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.