Pemko Payakumbuh Gelar LPPD Dan IKK Tahun 2021

by -

SEMANGATNEWS.COM — Berlangsung di aula pertemuan ngalau indah lantai III kantor walikota Payakumbuh, Selasa (18/1) pagi, rapat penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Indikator Kinerja Kunci (IKK) Tahun 2021 pemerintah kota Payakumbuh digelar melalui bagian pemerintahan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Payakumbuh.

Dengan menghadirkan narasumber dari biro Pemerintahan Provinsi Sumatra Barat Kepala Bagian Otonomi Daerah Marliosni, S.Sos, MM bersama Fungsional Qadriansyah, SSTP, rapat LPPD dan IKK tahun 2021 dipimpin Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Dafrul Pasi yang didampingi Kepala Bagian Pemerintahan Setdako Payakumbuh Aplimadanar, Inspektur Andri Narwan serta diikuti oleh seluruh kepala dinas, sekretaris dan kepala bidang OPD sekota Payakumbuh.

Mengawali sambutannya, Walikota yang diwakili Asisten I Dafrul Pasi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD Tahun 2021.

“Atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh, kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dan kami sangat berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berguna bagi kita semua untuk memantapkan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pembangunan Kota Payakumbuh yang kita cintai,” ucapnya.

Dafrul juga mengatakan bahwa narasi yang ada pada LPPD yaitu program dan kegiatan, tingkat pencapaian standar pelayanan minimal, jumlah pegawai, kualifikasi pendidikan, pangkat dan golongan, jumlah pejabat struktural dan fungsional, alokasi dan realisasi anggaran, kondisi sarana dan prasarana yang digunakan, permasalahan dan kondisi, serta hal-hal yang dianggap perlu untuk dilaporkan.

“Kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman dalam membuat dan menyusun LPPD Kota Payakumbuh Tahun 2021, mulai dari format instrumen hingga petunjuk pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK), sehingga dapat menghasilkan bentuk Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang lebih sempurna dengan menyamakan persepsi pembuatannya pada setiap satuan unit keja Perangkat Daerah,” ujar Daf sapaan akrab Asisten I tersebut.

Sementara itu Aplimadanar kepala bagian pemerintahan Setdako Payakumbuh dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan rakor LPPD yaitu memberikan pemahaman kepada para pejabat pada masing-masing OPD  terhadap pengisian data Indikator Kinerja Kunci (IKK), guna meningkatkan kualitas laporan penyusunan LPPD Kota Payakumbuh tahun 2021.

“Agar pemerintah kota Payakumbuh kedepannya dapat terus meningkatkan pada setiap OPD dalam memberikan kinerja terbaik sehingga Pemko Payakumbuh dapat jadi yang terbaik dalam LPPD di tingkat Provinsi Sumbar nanti hendaknya,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, evaluasi dari LPPD tahun 2020 akan dilaporkan 2021, dan kita akan melaksanakan penyusunan laporan tahun 2021 yang dilaporkan di tahun 2021 yang akan diteruskan pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi Sumatra Barat,” ucap Aplimadanar.(07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.