Pemprov Sumbar Terus Berkomitmen Memperkuat Lembaga Adat di Nagari

oleh -

Pemprov Sumbar Terus Berkomitmen Memperkuat Lembaga Adat di Nagari

SEMANGATNEWS.COM-Pemprov Sumbar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) berkomitmen untuk memperkuat lembaga adat di nagari, salah satunya dengan menambah wawasan dan pengetahuan sumberdaya manusianya melalui berbagai bimbingan teknis yang diselenggarakan.

“Kita akan terus adakan pelatihan dan bimbingan teknis terhadap perangkat adat dan para pengurus lembaga adat yang ada di nagari, sehingga wawasannya bertambah terus,” kata Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH ketika membuka Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Angkatan ke-III tahun 2022 di Hotel The Premiere Padang, Rabu (18/5/2022).

Menurut Amasrul, kita tahu isu strategis yang kini sering kita dengar adalah melemahnya kelembagaan adat, memudarnya nilai-nilai adat dan seringnya terjadi konflik sosial di masyarakat. Semua itu pasti akan bisa diatasi jika kelembagaan adat kuat, perangkat adatnya memiliki kapasitas dan masyarakat menaati nilai-nilai adat yang berlaku.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Minta Lulusan UBH Teladani Bung Hatta

“Peran tokoh masyarakat, dalam hal ini para pemangku adat sangat penting dalam melestarikan tradisi adat sebagai identitas adat dan hak-hak masyarakat hukum adat. Nilai-nilai adat ini harus kita pelihara selalu, meskipun kita tidak bisa menolak arus modernisasi,” kata Amasrul, SH lagi.

Apalagi sejak adanya Dana Desa tahun 2015, kelembagaan adat di nagari sudah dapat dibantu secara rutin, tentunya masuk dalam APBDes atau APBNag. Memang tidak maksimal, namun bantuan itu sudah dapat menghidupkan kembali kelembagaan adat, penguatan sumberdaya manusia dan kegiatan pelestarian adat di nagari.

No More Posts Available.

No more pages to load.