Pemuda Pemegang Kunci Mencegah Penyebaran HIV/AIDS

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Menyambut hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2021, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Payakumbuh menggelar Forum Grup Discussion (FGD) di aula Hotel Flamboyan, Kamis (2/12).

Kegiatan yang bertema “Peran Pemuda Dalam Upaya Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Payakumbuh” dibuka Wali Kota Riza Falepi diwakili Asisten II Elzadaswarman didampingi Kabag Kesra Irwan Suwandi, Kabid Kebudayaan Disparpora Riswandi, Sekretaris KPA Kota Payakumbuh Fahman Rizal, narasumber dr. Datri, dan Moderator Ade Vianora.

Baca Juga:  Pemko Payakumbuh Ikuti Seminar, Tingkatkan Indek Kualitas Kebijakan

Fahman Rizal dalam sambutannya menyampaikan peserta FGD adalah perwakilan organisasi masyarakat dan kepemudaan se Kota Payakumbuh. Melalui kegiatan ini diharapkan lahir solusi lebih jelas dan tepat sesuai sasaran dan bisa dikembangkan bersama. Muaranya, KPA bisa bersinergi bersama masyarakat untuk program kedepan dalam menanggulangi bahaya HIV/AIDS yang mengancam setiap orang, khususnya generasi muda di Kota Payakumbuh.

Dijelaskannya, bisa dilihat pada tahun 2021 kasus HIV/AIDS di Provinsi Sumatera Barat cukup tinggi, di Kota Payakumbuh ada 8 kasus ditemukan. Secara akumulatif dari 2018 hingga 2021 ada sekitar 46 kasus ditemukan di Kota Payakumbuh, setengahnya sudah meninggal dunia.

Baca Juga:  Aset Tanah Milik Pemko Payakumbuh Terus Disertifikatkan, Baru 15,62 Persen

“Kita perkuat masyarakat dan parik paga nagari dengan gerakan penguatan sumber daya manusia, memantapkan pemahaman dan menyatukan persepsi akan bahaya HIV/AIDS,” ungkapnya.

Elzadaswarman alias Om Zet menyampaikan 3 tahun sebelumnya dia menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh sangat serius menangani permasalahan HIV/AIDS yang umumnya disebabkan oleh penyimpangan prilaku seksual, ini menjadi penyakitnya anak-anak muda.

No More Posts Available.

No more pages to load.