Pengurus ISPI Sumbar Dilantik di Area Peternakan Padang Mengatas

oleh -

Pengurus ISPI Sumbar Dilantik di Area Peternakan Padang Mengatas

SEMANGATNEWS.COM – Pelantikan Ketua dan Pengurus Wilayah ISPI ( Perkumpulan Insinyur dan Sarjana Peternakan Indonesia ) wilayah Sumbar memang berbeda dengan acara-acara pelantikan pengurus organisas profesii lain di tanah air.

Kali ini Panitia pelaksana mengambil tempat di areal peternakan Padang Mengatas, sebuah kawasan peternakan tersohor di wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Polres Bukittinggi Amankan "AS" Oknum Lapas Biaro Sebagai Kurir Jaringan Narkoba

Kenapa pelantikan di areal peternakan, ya karena yang dilantik adalah orang-orang ahli dan pernah belajar bidang peternakan, kata Ketua ISPI Sumbar Dr Ir Basril Basyar kepada wartawan di Padang.

Padang Mangateh (juga ditulis sebagai Padang Mengatas) adalah sebuah daerah peternakan yang terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Jarak dari Kota Padang lebih kurang 136 km dan dari Kota Payakumbuh sekitar 12 km. Daerah ini menjadi terkenal lantaran pemandangan padang rumputnya yang mirip dengan peternakan padang rumput di Selandia Baru

Baca Juga:  Tanah Datar Terkonfirmasi Positif Covid-19 16 Orang dan Tujuh Pasien Sembuh

Peternakan ini secara resmi dikelola Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

BPTU Padang Mengatas pertama kali didirikan Pemerintah Hindia Belanda 
tahun 1916. Ternak yang dikembangkan adalah kuda. Pada tahun 1935 didatangkan sapi Zebu dari Benggala, India untuk dikembang biakan. Pada zaman Revolusi Kemerdekaan (1945—1949) kegiatannya terhenti. Pada tahun 1950 Wakil Presiden Dr. Moh. Hatta memerintahkan untuk  dipugar kembali dan tahun 1951—1953 dijadikan sebagai Stasiun Peternakan Pemerintah dan di beri nama Induk Taman Ternak (ITT) Padang Mengatas.