Pengurus Komite SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang Periode 2019-2021 Telah Terbentuk

oleh -

Pengurus Komite SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang Periode 2019-2021 Telah Terbentuk

Semangatnews.com, Padang – Pengurus komite SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang priode 2019-2021 melalui rapat besar orang tua siswa semua jurusan dan semua angkatan, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan alumni dalam rapat besar di aula guru SMKN 4 Padang, Cangkeh, Lubuk Begalung, Padang, Padang, Kamis (31/10).

Dalam rapat besar orang tua murid, tokoh masyarakat, pemerhati pendidikan dan alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang itu terpilih secara aklamasi sebagai ketua komite sekolah SMKN 4 Padang, ketua, Wahidir (dosen salah satu perguruan tinggi Sumbar), Wakil ketua, H. Bakhtiar K (tokoh pendidikan), Sekretaris Rahadian Defi Yandra (tokoh alumni dan pengusaha), Bendahara, Zainar (PNS Deprindag Prov. Sumbar). Kepengurusan Komite ini juga dilengkapi dengan koordinator untuk masing-masing kelas semua jurusan dari kelas X, XI dan XII.

Kepala SMKN 4 (SSRI/SMSR) Negeri Padang Taharuddin di dampingi ketua tim formatur pemilihan pengurus komite SMKN 4 Padang periode 2019-2021, Jasrizal Rasyid, kepada semangatnews. com menyebutkan, kepengurusan Komite SMKN 4 Padang sebenarnya sudah lama berakhir di bawah komnado H. Am. Dt. Garang yang terpilih tahun 2009 lalu. Namun karena masalah teknis kepengurusan komite ini tetap berjalan, mengisi kegiatan komite sekolah.

Dijelaskan, komite sekolah merupakan suatu lembaga mandiri dilingkungan sekolah yang berperan strategis dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan arah dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan di sekolah yang telah diatur dalam Kepmen Menteri Pendidikan No. 014/U/2002 tanggal 2 April 2002 sebagai pengganti BP3 dan Kepmendiknas No. 44/U/2002 tentang komite sekolah yang salah satu tujuannya adalah mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan serta mediator antara pemerintah dengan masyarakat di satuan pendidikan, ujar Taharuddin.

Sementara di tempat yang sama ketua panitia tim formatur pemilihan pemhurus Komite SMKN 4 Padang, Jasrizal Rasyid di dampingi Bendahara BOS (Biaya Operasional Sekolah) SMKN 4 Padang, Suryadi Issa, dengan adanya kepengurusan komite yang baru ini, diharapkan kegiatan siswa, guru dan tata usaha di sekolah berjalan dengan lancar dan kondusif. Mengingat selama ini beban biaya penyelenggaraan pendidilkan tak sanggup ditanggung sepenuhnya oleh dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) dan BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dari pemerintah, terutama dikaitkan dengan kebutuhan bahan dan alat praktek yang digunakan siswa sehari-hari, ujar Jasrizal Rasyid.

“Barek samo dipikua, ringan samo di jinjiang” begitulah prinsip pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Maka untuk meningkat mutu dan kualitas pendidikan, terutama para lulusan sekolah berbasis budaya ini, jalan pembentukan pengrus komite yang baru dengan program-program realistik dan implementatifnya, jelas Jasrizal Rasyid.

Selama ini biaya pendidikan terutama iyuran komite di SMKN 4 Padang digratiskan untuk semua tingkat dan jurusan, terutama saat sekolah masih berada dan di kelola oleh Pememerintah Kota Padang. Kini dengan terbentuknya pengurus komite yang baru diharapkan sekolah dibawah pengawasan komite sekolah dapat berkolaborasi dan ber inovasi untuk memenuhi kebutuhan biaya penyelenggaraan pendidikan di sekolah, ujar Jasrizal Rasyid. (FR)