Penumpang Mengamuk Lion Air Delay dari Surabaya Tujuan Padang

oleh -

Salah Seorang Penumpang Ada Kemalangan di Sumbar

Semangatnews, Airport Juanda- Penumpang dari Surabaya tujuan Padang hari ini, minggu 9 Februari 2020 dikecewakan oleh maskapai penerbangan Lion Air.

Berangkat dalam jadwal jam 13.30 waktu Surabaya diundur menjadi 14.30. Begitu masuk waktu jam 14.30 muncul lagi pengumuman delay ke dua menjadi pukul 15.00 waktu Indonesia tengah.

Salah seorang penumang emosi, lantaran Ianya mendapat kemalangan salah seorang keluarganya meninggal di Padang, Sumatera Barat.

Penumpang sepertinya tak banyak protes. Kecuali bapak yang kemalangan.

Ada yang bertanya, setelah dapat penjelasan kembali duduk di ruang tunggu. Atau mereka jalan-jalan di sekitar pintu masuk.

Penumpang tujuan Padang diarahkan pada pintu 3. Mereka sepertinya bak “kerbau dicucuk hidung”, tak ada yang komplain dan minta kompensasi pada Lion Air ini.

Delay juga terjadi pada penumpang tujuan Semarang dan kota lainnya.
Penumpang tujuan Padang berjumlah 72 sampai berita ini dinaikan belum dapat kompensasi.

Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Republik Indonesia No 89 Tahun 2015.

Dalam peraturan tersebut disebutkan beberapa hal perihal nilai kompensasi yang harus diberikan maskapai kepada para calon penumpang. Mulai dari minuman hingga uang tunai.

Untuk 60 menit pertama, para penumpang berhak mendapatkan air mineral beserta snack box berisikan camilan. Jika delay melewati 120 menit, pihak maskapai wajib menyediakan minuman beserta snack dan makan berat.

Keterlambatan lebih dari 240 menit, maka mereka wajib memberikan uang kompensasi sebesar Rp 300.000 kepada setiap calon penumpang. Konsekuensi paling akhir adalah refund tiket sepenuhnya atau penjadwalan ulang jika penerbangan harus dibatalkan.(zln)