Peran Humas Dalam Pemanfaatan Transformasi Digital Sebagai Bentuk Sistem Pelayanan Informasi di Pemerintahan

oleh -

Oleh : Arianto, S.Sos
Mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi
FISIP Universitas Andalas

SEMANGATNEWS.COM – Pada dasarnya hubungan masyarakat (humas) memiliki fungsi, peran, dan tugas yang strategis dalam mendukung keberhasilan pelayanan dan keterbukaan informasi ke badan publik di pemerintahan. Melalui kegiatan Humas inilah, pemberian data dan informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan secara benar dan akurat untuk diterima. Apabila humas bisa melakukan perannya secara efektif, kesalahpahaman informasi dikalangan stakeholders umumnya bisa untuk dihindari se-minimal mungkin.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi: MTQ Jangan Hanya Saremonial Tetapi Diimplementasikan Dalam Kehidupan

Dalam ruang lingkup pemerintahan, humas adalah aktivitas lembaga atau individu, yang melakukan fungsinya di bagian manajemen bidang komunikasi dan informasi kepada publik sebagai stakeholders-nya. Humas pemerintahan bisa dikatakan sebagai unit organisasi dalam melakukan fungsi mengatur di bidang komunikasi dan informasi.

Humas pemerintah memiliki potensi yang sangat strategis dalam melakukan kegiatan koordinasi dan menyebarluaskan data dan informasi publik. Tidak hanya itu, humas juga berperan penting dalam melakukan diseminasi, dan sosialisasi berbagai peraturan perundang-undangan, visi-misi, tujuan, sasaran, kebijakan, strategi, dan program pemerintahan.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi: Pengawasan BPD Maksimalkan Pemanfaatan Dana Desa

Dalam melakukan kegiatan kehumasan pemerintah pada dasarnya tidaklah mudah. Sebab, stakeholder yang dihadapi terdiri dari berbagai kalangan dengan tujuan dan kepentingan tersendiri. Karena itu, humas di pemerintahan sangat dibutuhkan dalam pelayanan dan keterbukaan informasi publik termasuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi atas berbagai program dan kebijakan pemerintah yang dibuat untuk rakyatnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.