Peran Strategis UIN Imam Bonjol Dukung Sumbar jadi Pusat Ekonomi Syariah Nasional

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – UIN Imam Bonjol Padang memiliki peran strategis untuk mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menjadi pusat ekonomi syariah nasional.

“Kita tengah berupaya menjadi pusat ekonomi syariah di Indonesia. UIN diharapkan bisa berperan dalam mendukung upaya ini melalui alumni yang memiliki jiwa enterpreneur serta mamahami konsep syariah,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat menghadiri Mubes Iluni UIN Imam Bonjol di Padang, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga:  Wagub Audy: Inovatif, Responsif dan Pelibatan Perantau Jadi Kunci Pembangunan Daerah

Ia mengatakan Sumbar memiliki modal besar sebagai pusat ekonomi syariah karena secara kultural masyarakat Minang sejak dulu menganut falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Namun secara Sumber Daya Manusia (SDM) tetap harus diperkuat karena tidak semua yang memahami konsep ekonomi syariah. Di sanalah peran alumni UIN sangat dibutuhkan.

Apalagi UIN juga telah memiliki program untuk mendorong jiwa wira usaha mahasiswa sejak di kampus sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi pengusaha unggul berbasis syariah.

Baca Juga:  Gubernur Sumbar harapkan Walinagari Dorong Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid-19.

Dalam kesempatan itu ia juga memuji peran Mubes Iluni UIN Imam Bonjol yang ikut mendorong program vaksinasi dengan melaksanakan vaksin massal saat kegiatan.

Menurutnya saat ini capaian vaksinasi Sumbar baru mencapai 56 persen dari target 70 persen hingga akhir tahun 2021, karena itu dibutuhkan kepedulian semua pihak agar target bisa tercapai.

Baca Juga:  DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna Propemperda dan Bahas Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2022

“Jika vaksinasi sudah tinggi, pandemi terkendali maka semua kegiatan termasuk perkuliahan bisa normal kembali,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.