Peringatan Cancer Day 2020 Tingkat Nasional, Sumbar Masuk 4 Besar

by -

Peringatan Cancer Day 2020 Tingkat Nasional, Sumbar Masuk 4 Besar

Semangatnews, Padang – Penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan nomor satu di dunia. Karena penyakit kanker sesuatu menakutkan maka dunia menggelar sekaligus memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) 2020 dengan Event Minangkabau Run Against Simpasium Dokter dan Awan dengan tema “I am and I Will” di Hotel Grand Inna Padang, Sabtu (14/2/2020).

Peringatan hari kanker ini merupakan wujud kepedulian atas resiko kanker. Dunia internasional WHO bersama pemerhati kesehatan di Indonesia dan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat kepada masyarakat agar lebih sadar dan berhati-hati terhadap penyakit mematikan ini.

Dihadiri oleh Gubenur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc, Anggota DPR RI Hj. Nevi Zuarina, Direktur Pencegahan dan Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI dr Cut Putri Ariani, dan juga ratusan dokter dari perguruan tinggi dan rumah sakit/pukesmas Se-Sematera Barat.

“Sosialisasi World Cencer Day pada bulan Februari ini masih dilakukan di rumah sakit swasta, negeri di Sumatera Barat dan juga rumah sakit di universitas-universitas untuk bergerak membuat Sumatera Barat terhindar dari penyakit berbahaya ini” ungkap Ketua Panitia World Cencer Day 2020, tingkat nasional di Sumatera Barat Dr.dr. Irza Wahid, SpPD-KHOM. FINASIM.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dr. Mery Yuliesday MART juga mengatakan Sumbar masuk 4 besar daerah masyarakat yang menderita penyakit kanker.

“Hasil penelitian Kemenkes mengenai daerah yang mempunyai penyakit kanker empat besar di Indonesia, nomor satu Jogja, Sumatera Barat, Gorontalo, dan yang ke empat Bali. Dari keempat daerah tersebut Sumatra Barat adalah penduduk yang banyak penyakit Kanker usus besar yang disebabkan oleh kurangnya makan sayur, cancang dan makan lainnya”, ungkapnya

Gubenur Sumbar mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada dinkes Sumbar, yang sudah mensosialisasikan bahaya kanker terutama di SMA se-Sumbar. Karena di SMA adalah tempat yang paling efektif dilakukan sosialisasi dan bisa sekaligus memberikan edukasi tentang penyakit kanker.

“Walaupun hari kanker sedunia tanggal 4 Februari, Kita sudah mulai melakukan sosialisasi dan bisa memberikan edukasi kepada seluruh SMA di Sumatera Barat mengenai bahaya kanker tanggal 3, pada hari Senin pada saat upacara bendera untuk memberikan arahan bahaya kanker dan upaya mencegahannya” ungkap Irwan.

Untuk itu, gubenur menekankan kepada seluruh peserta bahwa kanker adalah penyakit nomor satu di dunia, dan penyakit kanker adalah penyakit yang tidak memberikan ampun bagi penderitanya.

Gubenur Irwan Prayitno mengajak para dokter dan dinas kesehatan provinsi dan kabupaten /kota agar selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk hidup sehat.

“Dan besok inyaallah kita akan melakukan Car Free Day, mudah-mudahan kita bisa menghimbau masyarakat dan melakukan sosialisasi guna mengurangi kanker di Sumatera Barat”, harapannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.