Peringatan Cancer Day 2020 Tingkat Nasional, Sumbar Masuk 4 Besar

oleh -

Peringatan Cancer Day 2020 Tingkat Nasional, Sumbar Masuk 4 Besar

Semangatnews, Padang – Penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan nomor satu di dunia. Karena penyakit kanker sesuatu menakutkan maka dunia menggelar sekaligus memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) 2020 dengan Event Minangkabau Run Against Simpasium Dokter dan Awan dengan tema “I am and I Will” di Hotel Grand Inna Padang, Sabtu (14/2/2020).

Peringatan hari kanker ini merupakan wujud kepedulian atas resiko kanker. Dunia internasional WHO bersama pemerhati kesehatan di Indonesia dan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat kepada masyarakat agar lebih sadar dan berhati-hati terhadap penyakit mematikan ini.

Dihadiri oleh Gubenur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc, Anggota DPR RI Hj. Nevi Zuarina, Direktur Pencegahan dan Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI dr Cut Putri Ariani, dan juga ratusan dokter dari perguruan tinggi dan rumah sakit/pukesmas Se-Sematera Barat.

“Sosialisasi World Cencer Day pada bulan Februari ini masih dilakukan di rumah sakit swasta, negeri di Sumatera Barat dan juga rumah sakit di universitas-universitas untuk bergerak membuat Sumatera Barat terhindar dari penyakit berbahaya ini” ungkap Ketua Panitia World Cencer Day 2020, tingkat nasional di Sumatera Barat Dr.dr. Irza Wahid, SpPD-KHOM. FINASIM.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dr. Mery Yuliesday MART juga mengatakan Sumbar masuk 4 besar daerah masyarakat yang menderita penyakit kanker.

“Hasil penelitian Kemenkes mengenai daerah yang mempunyai penyakit kanker empat besar di Indonesia, nomor satu Jogja, Sumatera Barat, Gorontalo, dan yang ke empat Bali. Dari keempat daerah tersebut Sumatra Barat adalah penduduk yang banyak penyakit Kanker usus besar yang disebabkan oleh kurangnya makan sayur, cancang dan makan lainnya”, ungkapnya