Perkuat Gugus Tugas, Kota Padang Bertekad Raih KLA Kategori Utama Tahun 2023

by -

Perkuat Gugus Tugas, Kota Padang Bertekad Raih KLA Kategori Utama Tahun 2023

SEMANGATNEWS.COM-Kota Padang meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya di tahun 2022 ini. Pemerintah Kota Padang bertekad meraih KLA Kategori Utama pada tahun 2023 mendatang.

Agar asa itu tercapai, Pemko Padang menyiapkan diri. Seluruh Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak (TGT KLA) yang berasal dari tiap OPD di Pemko Padang dikumpulkan. Mereka diperkuat dengan mendapat pembekalan dari narasumber, Kamis (25/8/2022).

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kota Padang, di Aie Pacah, seluruh TGT KLA mendapat bekal dari Pimpinan Ruang Anak Dunia (Ruandu) Sumatera Barat, Muharman. Pimpinan Ruandu Sumbar itu menyebut bahwa Kota Padang butuh sistem pembangunan berbasis hak anak.

“Apabila sistem pembangunan berbasis hak anak terbangun, selama 20 tahun ke depan sistem itu akan berjalan sendirinya. Sistem akan bekerja sendiri walau berganti wali kota. Kepentingan dan isu anak akan terus dibicarakan di pemerintahan. Namun faktanya sekarang kita belum melihat itu,” sebut Muharman.

Muharman mengatakan, Kota Layak Anak bukanlah kota yang tanpa masalah. Akan tetapi kota yang benar-benar layak anak, dimana sistem pemerintahan akan langsung merespon ketika terjadi masalah pada anak.

“Di negara lain, ketika ada masalah anak yang muncul, sistem langsung merespon dengan cepat. Pemerintah bertindak dengan cepat. Kenapa di negara lain tidak ada KLA? Karena sistem di negara itu telah bekerja,” tutur Muharman.

Selain itu Muharman juga memberikan pemahaman kepada seluruh TGT dan juga membocorkan apa saja yang harus disiapkan agar Kota Padang meraih KLA Kategori Utama di tahun depan.

Sementara itu, Ketua TGT KLA Kota Padang, Yenni Yuliza menyampaikan bahwa Kota Padang memang telah bertekad untuk meraih KLA Kategori Utama pada tahun depan. Karena itu TGT KLA diharapkan agar mampu mendongkrak nilai sehingga meraih penghargaan yang diimpikan tersebut. “Karena itu kita mesti memperhatikan hak anak, karena anak penerus estafet kita,” sebut Ketua TGT KLA yang juga Kepala Bappeda Kota Padang itu.

Kepala Dinas P3AP2KB Kota Padang Alfiadi menyebut, dirinya berharap seluruh TGT KLA bekerja ekstra agar meraih penghargaan KLA Kategori Utama di tahun depan. Seluruh item penilaian mesti disiapkan dengan baik. Bahkan Alfiadi menginginkan layak anak itu benar-benar dimulai dari keluarga.

“Dimulai dari keluarga layak anak, kelurahan layak anak hingga kecamatan layak anak,” sebut Alfiadi yang didampingi Kabid Pemenuhan Hak Anak DP3AP2KB Kota Padang W. Teinike Yulvera.

Seluruh TGT KLA hadir di Ruang Rapat Bappeda ini. Nampak hadir diantaranya Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani, Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Andi Amir, dan utusan OPD lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.