Perkuat Kemitraan KKBPK dan Sukseskan Program Kampung KB

by -

Semangatnews, PADANG — Salah satu program badan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) adalah Kampung Keluarga Berencana (KB), dengan adanya sinergitas program bersama antara BKKBN dengan para mitra kerja diharapkan dapat meningkatkan penggerakkan program KKBPK di lapangan.

Kemitraan tersebut merupakan potensi besar yang dapat meningkatkan capaian program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutan acara Forum Jejaring Kemitraan Program KKBPK bersama Bupati Walikota dan DPRD Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 di hotel Pangeran Beach Padang, Kamis (2/5/2019).

Program KKBPK merupakan suatu program terintegrasi yang harus menjadi perhatian semua kepala daerah, dimana semua anggota keluarga sesuai dengan umurnya harus diintervensi oleh program kegiatan terkait untuk mencapai penduduk dan keluarga yang berkualitas sebagai konkrit pembangunan.

“Kerjasama yang telah dilakukan bersama mitra agar dapat dievaluasi untuk mengetahui permasalahan yang ada, sehingga implementasinya program kemitraan lebih optimal,” kata Gubernur.

Lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan program Kampung KB yang sudah dilaksanakan di kabupaten kota, harus terus ditingkatkan melalui penyuluhan di daerah-daerah pelosok nagari.

“Banyak yang beranggapan bahwa kampung KB merupakan tugas BKKBN, padahal semua lintas sektor ada di dalamnya,” ujar dia.

Dia menjelaskan pengertian kampung KB adalah satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan terkait dalam upaya peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.

Dalam meningkatkan kegiatan di kampung KB, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk kesinambungan kegiatan dan tercapainya cita-cita kampung KB sebagai upaya untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat terutama di daerah pinggiran dan terpencil.

“Kita berharap Kampung KB ini bisa meningkatkan kualitas hidup dan masyarakat setempat,” ucapnya.

Pada kesempatan sama kepala BKKBN Sumbar H. Syahruddin, SH, M.Si menyampaikan, bahwa forum jejaring kemitraan ini dapat menghasilkan poin-poin kerjasama yang telah disepakati antara stakeholder dan mitra kerja dan merancang kembali program yang dapat dilakukan bersama.

Dia mengimbau kepada komponen BKKBN agar terus menjaga hubungan kerjasama dengan mitra.

“Untuk itu, dengan adanya integrasi dan sinergitas program bersama antara BKKBN dengan para mitra kerja diharapkan dapat meningkatkan penggerakkan program KKBPK di lapangan,” katanya.

“Walaupun keterbatasan jumlah tenaga SDM di lapangan, kita tetap optimis program KKBPK dapat berjalan sesuai dengan target,” jelasnya.

“Sesuai target setiap kecamatan harus ada Kampung KB. Itu tugas utama BKKBN dalam membangun manusia dan meningkatan kualitas hidup masyarakat yang mandiri,” tutup Syahruddin.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Walikota se Sumbar, kepala BPKP Sumbar, kepala Bappeda Sumbar, kepala OPD dan Mitra kerja tingkat Sumbar.(nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.